Senin 31 May 2021 08:37 WIB

Thierry Henry Kembali Jadi Asisten Pelatih Timnas Belgia

Henry pernah membantu pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia pada 2016 -2018.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Thierry Henry kembali menjadi asisten pelatih timnas Belgia.
Foto: EPA/STEPHANIE LECOCQ
Thierry Henry kembali menjadi asisten pelatih timnas Belgia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Thierry Henry telah meninggalkan posisi sebagai tim pakar BBC untuk mengulas jalannya pertandingan Euro 2020 yang dimulai 12 Juni. Henry menerima tawaran kembali ke tim nasional Belgia sebagai asisten pelatih. Sebelumnya, Henry pernah membantu pelatih Roberto Martinez di tim nasional Belgia antara 2016 sampai 2018. Namun ia kemudian hengkang untuk menangani AS Monaco.

Henry gagal memberikan prestasi untuk Monaco, tapi tawaran lain datang dari MLS. Dia segera mengambil alih kendali di tim Montreal Impact. Namun, lagi-lagi Henry tak berhadil dan dibebastugaskan awal tahun ini. Henry kini kembali ke Belgia menjelang Euro 2020 untuk bergabung dengan staf Martinez dalam upaya membawa Setan Merah menuju kejayaan di kompetisi terakbar antarnegara di bawah kendali UEFA. 

Baca Juga

"Dengan banyak kesedihan saya tidak bisa lagi bersama semua teman saya dan tim yang luar biasa di BBC selama Piala Eropa musim panas ini," kata legenda Arsenal itu kepada BBC dalam siaran pers, dikutip dari Daily Star, Senin (31/5).

"Ketika saya diminta untuk bergabung kembali dengan staf timnas Belgia, itu kesempatan yang tidak mungkin ditolak," katanya.

Henry awalnya dijadwalkan sebagai wajah baru untuk tim peliputan BBC bersama Cesc Fabregas dan Juergen Klinsmann. Mereka akan bergabung dengan Alan Shearer, Rio Ferdinand, Alex Scott, Micah Richards, Ashley Williams, Mark Hughes, Shelley Kerr, dan James McFadden sebagai pakar.

Namun, eks penyerang Prancis tersebut melepaskan tawaran dari BBC untuk fokus ke timnas Belgia. "Saya sangat berterima kasih atas pengertian yang ditunjukkan BBC dalam mengizinkan saya mengambil kesempatan ini. Saya akan mencoba dan menonton beberapa liputan di sela-sela pertandingan kami, semoga berhasil," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement