Ahad 17 Oct 2021 19:08 WIB

Babak Pertama, Persija Tertinggal 0-1 dari Arema

Gol Carlos Fortes membawa Arema unggul 1-0 pada babak pertama laga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta tertinggal saat menghadapi Arema FC pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Ahad (17/10) malam. Gol Carlos Fortes membawa Arema unggul 1-0 pada babak pertama laga. 

Persija mencoba membuka ruang di area pertahanan Arema. Marko Simic mendapat peluang emas di menit ke-9 ketika ia lolos dari jebakan offside. Simic kemudian melepaskan umpan tarik ke tengah di mana Riko Simanjuntak berada. Namun upaya Riko di mulut gawang berhasil dihentikan oleh Bagas Adi. 

Macan Kemayoran terus menekan di lini pertahanan Arema di menit ke-14. Namun upaya-upaya dari Dwiki Arya dan Simic masih belum berhasil menembus pertahanan Arema. 

Pada menit ke-16, Arema berusaha membongkar pertahanan Persija dari sisi kiri serangan melalui pergerakan Ridwan Tawainela. Namun, Ridwan tidak mendapat bantuan sehingga bisa dihentikan oleh Tony Sucipto. 

Kedua tim tampak kesulitan mengembangkan permainan di tengah hujan deras yang mengguyur. Peluang dari Arema tercipta di menit ke-20 saat Carlos melepaskan umpan kepada Ridwan di kotak penalti, tapi bola masih terlalu deras. 

Pada menit ke-29 Persija melancarkan kombinasi serangan hingga Rezaldi menerima bola di sisi kiri serangan. Namun, sentuhan terakhir Rezaldi Hehanusa masih bisa dihentikan dan langsung dimanfaatkan oleh Arema untuk melakukan serangan balik. 

Kedua tim saling jual beli serangan selama 30 menit pertandingan tapi selalu bisa dihentikan sebelum penyelesaian akhir. Transisi bola dengan cepat berpindah di area pertahanan kedua kubu. Tapi belum ada peluang yang membahayakan gawang lawan. 

Hingga menit ke-33, Carlos Fortes melihat ruang tembak dan langsung melepaskan tembakan melengkung ke arah gawang dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke sudut atas kiri gawang berada di luar jangkauan Andritany. Arema pun unggul 1-0. 

Pada menit ke-38 Riko melepaskan tembakan dari sudut sempit setelah melakukan penetrasi ke kotak penalti Arema. Tapi pilihan Riko untuk menyelesaikannya sendiri dibandingkan mengoper ke tengah kotak penalti itu hanya membuahkan tendangan gawang. 

Arema hampir menggandakan keunggulan ketika Carlos mendapat umpan terobosan di menit ke-45. Namun, Andritany dengan sigap meninggalkan posisinya keluar kotak penalti untuk menghentikan pergerakan Carlos.

Daftar Susunan Pemain: 

Persija: Andritany Ardiyasa (kiper), Ilham Rio Fahmi, Yann Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurahman, Dwiki Arya, Alfriyanto Niko, Riko Simanjuntak, Marko Simic. 

Cadangan: Adixi Lenzivio, M. Salman Alfarid, Muhammad Ferrari, Hadi Ardiansyah, Imam Pathuroman, Ramdani Lestaluhu, Radzky Syahwal Ginting, Dony Tri Pamungkas, Raka Rizky, Fajar Firdaus. 

Pelatih: Angelo Alessio

Arema: Adilson Aguero (kiper), Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Abdurrauf Sjahbandi, Johan Ahmat Farizi, Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi, Ridwan Tawainela, Carlos Dos Santos, Muhammad Rafly, Dendi Santoso. 

Cadangan: Teguh Amiruddin, Ikhfanul Alam, Diego Michels, Achmad Figo, Hamzah Titofani, Jayus Hariono, Dave Mustaine, Dedik Setiawan, Bramntio Ramadhan, Kushedya Hari Yudo. 

Pelatih: Eduardp Goncalves.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement