Rabu 22 Dec 2021 00:48 WIB

Barcelona Makin Serius Boyong Dani Olmo

Dani Olmo bukanlah nama baru dalam radar pemain incaran Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain RB Leipzig, Dani Olmo. Barcelona dikabarkan kian serius untuk mendapatkan Olmo tahun depan.
Foto: EPA-EFE/UWE ANSPACH
Pemain RB Leipzig, Dani Olmo. Barcelona dikabarkan kian serius untuk mendapatkan Olmo tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Krisis yang tengah menerpa neraca keuangan klub ternyata tidak membuat Barcelona berhenti bermimpi menghadirkan pemain anyar. Target memboyong kembali gelandang serang asal Spanyol, Dani Olmo, dari RB Leipzig telah dicanangkan oleh manajemen Blaugrana.

Target ini pun diiringi dengan rencana membujuk RB Leipzig untuk melepas Olmo dengan tebusan nilai transfer mencapai 30 juta euro. Namun, Blaugrana baru akan mengajukan penawaran tersebut pada jendela transfer awal musim depan.

Baca Juga

''Barcelona dikabarkan telah menyiapkan dana transfer sebesar 30 juta euro guna membujuk RB Leipzig melepas Olmo pada bursa transfer musim panas mendatang,'' tulis laporan SportsKeeda, Selasa (21/12).

Olmo bukanlah nama baru dalam radar pemain incaran Blaugrana. Pada awal musim ini, Barcelona sempat disebut-sebut telah melayangkan penawaran untuk bisa merekrut gelandang serang berusia 23 tahun tersebut.

Namun, permintaan nilai transfer Die Rotten Bullen terlalu tinggi untuk dipenuhi Blaugrana. Terlebih, pada saat itu, Barcelona mulai terindikasi mengalami krisis keuangan.

Padahal, berdasarkan lansiran Mundo Deportivo, Olmo sudah menyatakan kesediaannya untuk meninggalkan Leipzig dan kembali ke Barcelona. Lahir dan besar di Barcelona, Olmo memang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Barcelona, La Masia.

Olmo bergabung bersama La Masia pada usia sembilan tahun. Namun, pada usia 16 tahun, Olmo menerima pinangan klub asal Kroasia, Dinamo Zagreb.

Gelandang serang timnas Spanyol di gelaran Euro 2020 itu pun menembus tim utama Dinamo Zagreb pada 2015 atau saat baru berusia 17 tahun. Penampilan impresif Olmo bersama Dinamo Zagreb di Liga Kroasia menarik minat RB Leipzig.

Pemain yang mempersembahkan lima titel Liga Kroasia buat Dinamo Zagreb itu dipinang Leipzig pada Januari 2020. Pada saat itu, Olmo diikat dengan durasi kontrak selama empat tahun. Bersama Die Rotten Bullen, Olmo mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Pada satu musim penuh pertamanya memperkuat Leipzig musim lalu, Olmo mengemas tujuh gol dan 12 assist dari 46 penampilan di semua ajang. Hingga awal musim ini, Olmo tercatat telah mengemas 12 gol dan 14 assist dari 67 penampilan di semua kompetisi.

Sayangnya, performa Olmo pada awal musim ini terganggu dengan cedera otot. Pemain yang mengantarkan Spanyol meraih medali perak cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 itu baru merumput di enam laga dan menyumbang satu assist.

Kendati begitu, Olmo tetap dinilai sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan di pentas sepak bola Eropa saat ini. Fleksibilitas posisi bermain, yang bisa ditempatkan di berbagai posisi di lini serang, menjadi salah satu keunggulan Olmo.

Kemampuan ini pun dilengkapi dengan kecepatan, visi bermain, dan insting gol yang cukup mumpuni. Hal ini yang membuat Barcelona tidak pernah menyerah untuk bisa mendatangkan Olmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement