Senin 07 Feb 2022 13:18 WIB

Seusai Tekuk Atletico, Xavi: Barcelona Harus Tetap Rendah Hati

Xavi berharap kemenangan ini bisa menjadi titik balik bagi penggawa Blaugrana.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/MIGUEL ANGEL MOLINA
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memuji penampilan timnya dalam kemenangan 4-2 melawan Atletico Madrid pada pekan ke-23 La Liga Spanyol di Camp Nou, Ahad (6/2/2022) malam WIB. Kemenangan itu membawa Blaugrana naik ke peringkat empat klasemen sementara dan unggul dua poin atas Atletico.

Penampilan dominan di babak pertama membuat Barcelona unggul 3-1 sebelum turun minum berkat gol-gol dari Jordi Alba, Gavi, dan Ronald Araujo. Gawang Marc-Andre ter Stegen sebetulnya kebobolan lebih dulu di menit ke delapan oleh pemain Atletico Madrid Yannick Carrasco, tapi Barca bangkit dan membalikkan keadaan.

Baca Juga

Di awal babak kedua, gol Dani Alves mempertegas kemenangan tim, meskipun mantan striker Blaugrana Luis Suarez juga mencetak gol hiburan di menit ke-58. Bagaimana pun, raihan tiga poin menjadi milik Blaugrana setelah kemenangan 4-2 atas Atletico.

"Para penggemar, para pemain, staf kami, semua membutuhkan kemenangan ini. Kami unggul, dan ini lebih dari sekadar kemenangan," kata Xavi usai pertandingan, dikutip dari Sportskeeda, Senin (7/2/2022).

Xavi berharap kemenangan ini bisa menjadi titik balik bagi penggawa Blaugrana untuk mengembalikan nama besar Barcelona. Tapi, kata dia, tentu saja itu hanya bisa tercapai dengan kerja keras. "Kami harus rendah hati dan terus bekerja. Kami sudah sangat bagus dan kami tidak bisa melambat. Gaya permainan inilah yang akan membuahkan hasil," jelasnya.

Xavi juga meminta Dani Alves dkk harus bisa memaksimalkan peluang-peluang dari bola mati. Selain itu, Barca juga harus bisa menangani dan menyingkirkan peluang lawan saat mendapat bola mati yang membahayakan.

"Mereka benar-benar bagus dalam hal itu, jauh lebih baik dari kami. Kami masih banyak kebobolan dengan cara itu. Kami memiliki banyak hal untuk ditingkatkan dalam aspek pertahanan permainan," kata Xavi.

Barcelona menghadapi perjalanan tandang ke Espanyol di lanjutan La Liga akhir pekan depan, sebelum bersiap untuk menjamu Napoli di babak 32 besar Liga Europa. Xavi berharap timnya dapat terus menampilkan penampilan serupa sepanjang sisa musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement