Senin 02 Jan 2023 23:17 WIB

Ancelotti Sebut Rasisme Sudah Jadi Masalah yang Membudaya

Vinicius Jr kembali jadi korban serangan rasisme di Liga Spanyol.

Vinicius Junior
Foto: AP/Andre Penner
Vinicius Junior

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti enggan membahas kasus rasisme yang menimpa Vinicius Junior. Don Carlo menegaskan hal itu dalam sebuah konferensi pers.

Madrid akan menghadapi tuan rumah Cacereno pada ajang Copa del Rey. Duel tersebut berlangsung di Estadio Principe Felipe, Rabu (4/1/2023) dini hari WIB. 

Baca Juga

Pada sesi tanya jawab dengan para jurnalis, Ancelotti diminta merespons kejadian yang menimpa Vinicius. Sebelumnya penyerang sayap Madrid itu menjadi sasaran pelecehan rasis pendukung Real Valladolid.

"Saya tidak berbicara tentang topik yang tidak harus ada, rasisme dan xenofobia. Bagi saya tidak ada toleransi terhadap masalah ini," kata juru taktik berkebangsaan Italia itu, dikutip dari Football Espana, Senin (2/1/2023).

Vinicius pernah mendapat perlakuan serupa dari pendukung Atletico Madrid beberapa waktu lalu. Ia merasa pihak berwenang tidak becus menangani masalah ini karena masih saja kecolongan.

Pertanyaan para jurnalis kepada Ancelotti berangkat dari fenomena tersebut. Situasi di mana penyelenggara dan federasi seolah tak mengambil tindakan tegas. Begitu juga dengan pihak kepolisian.

"Saya tidak akan membahas topik ini. Seperti yang saya katakan, ini bukan masalah liga, tetapi masalah umum dan budaya," ujar eks arsitek Everton itu.

Ia melihat dari kacamata yang lebih luas. Baginya, rasisme bukan hanya bicara tentang sanksi, melainkan tentang kebiasaan yang sudah membudaya.

Menurutnya, permasalahan ini hanya akan diselesaikan lewat pendidikan dan perubahan sikap. Meski demikian, tindakan tegas juga perlu ditunjukkan. Itu bisa memberi efek jera.

Sejauh ini, pihak La Liga belum memperlihatkan sikap semestinya. Itu yang disesalkan Vinicius. Beberapa pesepak bola sempat memberikan dukungan pada jebolan akademi Flamengo itu.

Madrid unggul 2-0 atas Valladolid di Stadion Nuevo Jose Zorrilla, Sabtu (31/12/2022). Hasil ini membuat El Real menempel ketat Barcelona di singgasana klasemen sementara La Liga. Kedua tim sama-sama mengoleksi 38 poin. 

Los Blancos tertahan di kursi runner up, tertinggal selisih gol dari Barca. Kini pasukan Ancelotti mengarahkan fokus ke Copa del Rey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement