Selasa 03 Jan 2023 15:14 WIB

Tim Voli Putra dan Putri Pertamina Siap Lakoni Laga Ketat Proliga 2023

Pertamina secara konsisten ikut dalam kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pengesahan dan Pelepasan Tim Pertamina Fastron dan Tim Pertamina Pertamax untuk Proliga 2023, di Graha Pertamina, Jakarta, Selasa (3/1/2022).
Foto: Republika/Rahmat Fajar
Pengesahan dan Pelepasan Tim Pertamina Fastron dan Tim Pertamina Pertamax untuk Proliga 2023, di Graha Pertamina, Jakarta, Selasa (3/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Voli Pertamina yang terdiri dari tim putra Pertamina Pertamax dan tim putri Pertamina Fastron siap berlaga dalam kompetisi Proliga 2023 yang akan digelar dari 5 Januari hingga 19 Maret 2023. Mereka optimis dapat menampilkan permainan terbaik di kompetisi musim ini.

Direktur SDM M Erry Sugiharto mengatakan, Pertamina secara konsisten ikut dalam kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia. Menurutnya, sejauh ini prestasi tim Pertamina di Proliga cukup baik sehingga ia berharap musim ini mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga

"Tim putra berhasil meraih juara pada tahun 2017 dan tim putri meraih dua kali juara pada tahun 2014 dan 2018," kata Erry dalam acara Pengesahan dan Pelepasan Tim Jakarta Pertamina Fastron dan Tim Jakarta Pertamina Pertamax, di Graha Pertamina, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Erry optimistis dengan persiapan yang matang, tim Pertamina akan menunjukkan performa terbaiknya dan bisa bersaing dengan tim lain.

Chief De Mission Werry Prayogi menjelaskan tentang strategi pembinaan pemain muda yang dilakukan Pertamina. Ia mengatakan, musim ini Pertamina mendorong pemain junior belajar dari pemain senior. Karena itu, tim sekarang terdiri dari kombinasi antara pemain senior dan junior.

“Mereka (junior) akan lebih banyak turun bermain agar dapat membangun kepercayaan diri, memperkuat skill, dan pengalaman tanding,” ujar Werry.

Di tim putra, Werry mengungkapkan terdapat pemain muda Luvi Febrian Nugraha yang berposisi opposite hitter. Luvi kini masih berusia 18 tahun. Adapun di tim putri terdapat pemain muda berusia 15 tahun yakni Azzahra Dwi Febyane atau akrab disapa Gendis dengan posisi outside hitter.

Langkah ini sebagai upaya pembinaan terhadap pemain muda tujuannya agar di masa depan terdapat generasi atlet voli profesional yang berprestasi. Di samping itu, lanjut Werry, tim voli Pertamina juga diperkuat oleh sejumlah pemain tim nasional. Di tim putri terdapat Agustin Wulandari, Yolla Yuliana, Megawati Hangesti, dan Dita Azizah.

Kemudian ada pemain asing asal Serbia yakni Marija Zelenovic. Ia telah malang-melintang di berbagai kompetisi sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Rumania, dan Turki. Adapun pemain asing tim putra yakni Aleksandar Minic.

Tahun lalu, tim putra dan putri mengakhiri kompetisi di peringkat keempat. Oleh karena itu, Werry ingin untuk tahun ini harus mendapatkan hasil yang lebih baik. “Kami akan terus memperbaiki pola permainan, menyusun variasi serangan, dan tak lengah dalam pertahanan,” jelasnya.

Tim voli pertamina putra dan putri masing terdiri dari 18 atlet dengan 16 di antaranya adalah pemain lokal. Proliga 2023 akan dihelat di delapan kota. Putaran pertama akan diadakan pada 5 Januari hingga 22 Januari di tiga kota yakni Bandung, Purwokerto, dan Palembang. Adapun putaran kedua pada 2 Februari hingga 19 Februari di Gresik, Malang, dan Yogyakarta.

Final four akan diselenggarakan pada 23 Februari sampai 12 Maret 2023 di tiga kota yakni Gresik, Semarang, dan Solo. Sementara, grand final akan digelar pada 18-19 Maret 2023 di Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement