Sabtu 04 Feb 2023 21:30 WIB

Livescore; Hasil Mengejutkan, Arsenal Takluk 0-1 di Kandang Everton

Everton jadi tim kedua yang mengalahkan Arsenal setelah MU musim ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Everton James Tarkowski (tengah) merayakan golnya sesaat setelah memasukkan bola via sundulan saat melawan Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023, Sabtu (4/2/2023).
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pemain Everton James Tarkowski (tengah) merayakan golnya sesaat setelah memasukkan bola via sundulan saat melawan Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023, Sabtu (4/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pemimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris 2022/2023, Arsenal menelan kekalahan mengejutkan dari Everton di Goodison Park, Sabtu (4/2/2023). Everton, yang dilatih juru taktik anyar, Sean Dyche menang 1-0.

photo
Pelatih Everton Sean Dyche (kiri) dan pelatih Arsenal Mikel Arteta saat memimpin tim masing-masing, Sabtu (4/2/2023). - (EPA-EFE/Peter Powell )

Arsenal langsung mendominasi permainan sejak menit pertama. The Gunners mengurung pertahanan tuan rumah yang memaksa semua pemain Everton turun ke area kotak penalti dan mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman kepada Arsenal.

Baca Juga

Pada menit ke-11 Calvert-Lewin mendapatkan peluang ketika tembakan rekannya terlepas dari tangakapan Ramsdale. Hanya saja Ramsdale berhasil menjauhkan bola dari jangkauan kaki Calvert-Lewin. Di menit yang sama giliran Thomas Partey melakukan percobaan meskipun tembakannya masih bisa ditangkap oleh kiper Everton.

Everton mulai berani bermain terbuka memasuki 15 menit pertama. Iwobi, Calvert-Lewin beberapa kali membuat repot pertahanan mereka. Pada menit ke-21, Everton berkesempatan mencetak gol melalui skema tendangan sudut meskipun masih gagal.

Pada menit ke-25, Everton mendapatkan dua peluang melalui tembakan Calvert-Lewin dan Onana meskipun terlalu mudah bagi Ramsdale menangkapnya. Arsenal tampak kesulitan melakukan umpan-umpan terobosan di sepertiga pertahanan Everton karena tuan rumah bermain disiplin. Upaya Saka untuk menusuk ke area penalti beberapa kali gagal.

Nketiah mempunyai ruang tembak leluasa pada menit ke-30 di sis kiri pertahanan Everton. Namun tembakannya melenceng. Saka nyaris membawa Arsenal unggul ketika tembakannya pada menit ke-39 diblok oleh pemain Everton yang berdiri di depan garis gawang. Hingga babak pertama usai skor bertahan 0-0.

Kedua tim belum melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Arsenal masih mendominasi permainan. Xhaka serta Saka mendapatkan kesempatan melakukan tembakan pada menit ke-51 dan 54 namun diblok.

Mikel Arteta memasukkan pemain barunya Jorginho untuk menggantikan Partey 59 dan Leandro Trossard menggantikan Gabriel Martinelli. Namun satu menit berselang, justru gawang Arsenal kebobolan oleh sundulan James Tarkowski yang menyambut umpan silang Dwight McNeil.

Gol tersebut membuat Everton lebih percaya diri menyerang. Beberapa kali serangan mereka membuat pertahanan Arsenal berbahaya. Pada menit ke-77 melalui serangan balik cepat, Iwobi yang menggiring di sisi kiri pertahanan Arsenal tembakannya diblok oleh Gabriel.

Jorginho juga mempunyai kesempatan menggunakan kemampuan tembakannya pada menit ke-78 tetapi mampu diblok oleh kiper Everton. Saka dan kawan-kawan terus mencari celah menjebol gawang Everton yang dikawal oleh pertahanan rapat. Hingga pertandingan selesai, Everton berhasil mempertahankan keunggulan 1-0. 

Atas kekalahan ini, Arsenal masih di puncak klasemen dengan 50 poin hasil 20 kali berlaga. Arsenal unggul lima angka dari Manchester City di posisi kedua. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement