Sabtu 12 May 2018 13:09 WIB

Basket 3x3 Red Bull Reign Indonesia Perebutkan Tiket ke AS

Red Bull Reign merupakan turnamen bola basket 3x3 menggunakan sistem angka kumulatif.

Ilustrasi Bola Basket
Ilustrasi Bola Basket

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen 3x3 Red Bull Reign Indonesia kembali hadir di Bandung dan Jakarta. Pemenang turnamen di dua kota ini akan berlaga pada putaran nasional untuk menggapai tiket berlaga di final dunia yang berlangsung di Amerika Serikat (AS).

Red Bull Reign merupakan turnamen bola basket 3x3 menggunakan sistem angka kumulatif. Artinya, setiap tim dituntut untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya agar menjadi yang terbaik pada akhir turnamen. Mengejar banyak kemenangan bisa menjadi tak berarti jika dalam penghitungan akhir poin yang dicetak rendah.

Dengan sistem poin yang kumulatif, setiap tim yang bersaing harus fokus pada pola penyerangan dengan ritme pertandingan yang cepat dan intensitas yang tinggi, layaknya permainan basket jalanan. Anthony Gunawan selaku Event Director Red Bull Reign Indonesia menjelaskan, sebanyak 24 tim dari masing-masing babak kualifikasi bertarung untuk menjadi empat terbaik yang berhak melaju ke babak final nasional. Terdapat tiga  wild card yang diberikan kepada tim-tim dari Bogor, Surabaya dan Bali. 

"Wild card diberikan kepada tim juara dari kejuaraan regional yang bekerja sama dengan Red Bull Reign Indonesia. Satu buah tiket wild card diberikan kepada tim Perbanas Glorius, runner-up di Red Bull Reign tahun lalu," kata mantan pebasket Satria Muda ini.

Setiap tim akan bermain selama delapan menit pada babak pertama dan delapan menit pada babak selanjutnya hingga babak final. Setiap tim terdiri dari empat pemain dan harus memainkan strategi pertandingan terbaik mereka untuk dapat bertahan lebih lama dari lawan mereka.  Tiap tim harus bermain all out untuk memenangkan gelar tim nomor 1 yang akan mewakili Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat. 

"Tim pemenang Indonesia nantinya akan bertanding dengan 15 tim lainnya dari seluruh dunia pada turnamen Red Bull Reign World Final, yang akan digelar pada bulan September 2018 mendatang,” kata Anthony.

Babak kualifikasi di Jakarta akan berlangsung di Lapangan Pati Unus, Jakarta Selatan. Final juga akan digelar di tempat yang sama.

Jadwal Basket 3x3 Red Bull Reign 2018 :

Bandung     : 10 Mei 2018 (Lapangan Reksa Raga Parahyangan)

Jakarta        : 12 Mei 2018 (Lapangan Pati Unus)

Final Nasional  : 13 Mei 2018 (Lapangan Pati Unus)

Final Dunia    : 14 September 2018 (Barry Farm, Washington, DC)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement