Senin 09 Jul 2018 22:28 WIB

Gelar Turnamen 3x3, IBL Berharap Munculnya Talenta Baru

IBL ingin lebih memasyarakatkan basket 3x3.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Direktur IBL, Hasan Gozali (ketiga kanan) dalam konferensi pers IBL Gojek 3x3 di Hotel Santika Jakarta, Senin (9/7).
Foto: IBL
Direktur IBL, Hasan Gozali (ketiga kanan) dalam konferensi pers IBL Gojek 3x3 di Hotel Santika Jakarta, Senin (9/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Basketball League (IBL) akan menggelar turnamen basket 3x3. Ajang IBL Gojek 3x3  yang akan digelar di  tiga Kota di Indonesia ini diharapkan mampu melahirkan talenta pebasket khusus nomor 3x3. Ini diungkapkan Direktur IBL, Hasan Gozali, kepada media di Hotel Santika Jakarta, Senin (9/7).

“Untuk mengisi off-season IBL musim ini, ajang pertama yang akan kami gelar adalah IBL Gojek 3x3. Selain diikuti oleh peserta dari 10 klub IBL, kami juga menggelar kategori umum putra (usia minimal 19 tahun) dan putri (usia minimal 16 tahun) serta kelompok umur 18 Tahun (usia 16-18),” kata Hasan.

Untuk kota pelaksanaan tahun pertama ini, IBL memilih Yogyakarta di Plaza Amabrukmo (15-6 Juli), Malang di Lapangan Rampa (21-22 Juli), dan Jakarta di Kota Kasablanka (27-29 Juli). Partai grand final juga akan digelar di Jakarta.

Ia mengatakan, IBL ingin lebih memasyarakatkan basket 3x3 dan berharap akan lahir pebasket 3x3 yang menjadi pemain nasional. Apalagi 3x3 akan dimainkan di Asian Games 2018 serta di Olimpiade Tokyo 2020. 

"Teryata antusiasme masyarakat luar biasa. Untuk di seri Yogyakarta slot 32 tim kategori umum sudah penuh. Untuk lebih mengetahui penjelasan maupun pendaftaran bisa melihat media sosial kami," ujar Hasan.

Hasan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gojek yang mendukung kegiatan ini. Kontrak kedua pihak berlangsung selama setahun dan akan akan dilevaluasi lagi setelahnya. Ia berharap Gojek dapat rutin mendukung setiap tahun.

Setiap tim IBL wajib mengirimkan wakilnya. Satu tim IBL dapat mengirimkan dua tim. Untuk kali ini, ada 13 tim dari 10 klub IBL. Sebanyak tiga tim IBL megirimkan dua wakilnya, yakni Bima Perkasa Jogja, Garuda Bandung, dan Satya Wacana Salatiga.

Selain menyiapkan hadiah uang tunai, pemenang kategori tim tim IBL dari ajang ini akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan internasional di Chengdu, Cina pada 28-30 September 2018. “Kalau bisa juara di sana, peluang untuk ikut kualifikasi Olimpiade 2020 terbuka lebar,” kata Hasan.

Berikut peserta IBL Gojek 3x3 2018 dari klub IBL:

1. Bima Perkasa Jogja/Tim Bima (Frida Aris, Restu Dwi Purnomo, Ali Mustofa, Oleh Halim, Calvin Charless, Alan As’adi)

2. Bima Perkasa Jogja/Tim Perkasa (Yanuar Dwi Priasmoro, Melki Sedek, Adree Sukmana, Tifan Eka Pradita, Galank Gunawan, Dhean Saputra).

3. BSB Hangtuah (Abraham Renoldi Wenas, Luca Rimba Lioteza, Kelly Purwanto, Stevan Wilfredo Neno, Lucky Andy). 

4. Garuda Satu (Surliyadin, Lufthfianes Gunawan, Rionni Rahangmetan, Pandu Wiguna, Duftha Pratama, Danny Ray). 

5. Garuda Dua (Raymond Shariputra, Hans Abraham, Januar Kuntara, Luke Martinus, Fendi Yudha Pratama, Muhammad Reza Fahdani Guntara).

6. NSH Jakarta (Wendha Wijaya, Ryan Febrian, Irman Muhammad, Andre Rorimpandey). 

7. Pacific Caesar (Aga Siedarta Wismaya, Ramdhan Yudha Yuwana, Oki Indra Hidayat, Yonatan). 

8. Pelita Jaya Jakarta (Daniel Timothy Wenas, Gabriel Batistuta Risky, Govinda Julian Saputra, Reggie William Mononimbar, Tri Hartanto, M.Kharis Agung).

9. Satria Muda Pertamina (Christian Gunawan, Laurentius Steven Oei, Hardianus, M.Sandi Ibrahim, Audy Bagstyo, M.Rizal Falconi). 

10. Satya Wacana Salatiga A (Cassiopeia Manuputty, Vincent Sanjaya, Henry Cornelis Lakay, Andre Adriano, David Liberty Nuban). 

11. Satya Wacana B (Ardian Ariadi, Andreas Rismawan, Elyakin tampa’I, Bryan Adha Elang Praditya, Reza Farid Azizi) 

12. Siliwangi Bandung (Teddy Apriyana, Kevin Moses, Fadlan MInalah, Fisayful Amir) 

13. Stapac Jakarta (Oki Wira Sanjaya, Rizky Efendi, Handi Satria, Widyanta Putra, Kristian Liem, Mei Joni. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement