Senin 09 Jul 2018 22:39 WIB

Perbasi Apresiasi Turnamen IBL Gojek 3x3

Turnamen 3X3 ini sudah diprogram IBL sejak beberapa waktu lalu.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (ketiga kiri) dalam konferensi pers IBL Gojek 3x3 di Hotel Santika Jakarta, Senin (9/7).
Foto: IBL
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (ketiga kiri) dalam konferensi pers IBL Gojek 3x3 di Hotel Santika Jakarta, Senin (9/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengapresiasi turnamen bola basket 3X3 yang digelar pihak Indonesian Basketball League (IBL) bersama perusahaan aplikasi Gojek mulai 14 Juli 2018 di Yogyakarta.

"Turnamen ini sangat mendukung perkembangan bola basket Indonesia," ujar Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih, dikutip dari laman resmi IBL di Jakarta, Senin (9/7).

Danny menampik kompetisi 3X3 pertama oleh IBL itu merupakan sekadar pengisi kekosongan usai IBL musim 2017/2018 usai digelar. Ia mengatakan, turnamen 3X3 ini sudah diprogram IBL sejak beberapa waktu lalu.

Sementara pihak IBL diwakili direktur utamanya Hasan Gozali menyebut keberadaan turnamen 3X3 IBL penting demi meningkatkan prestasi olahraga bola basket Indonesia.

Sebab, bola basket 3X3 telah dipertandingkan untuk pertama kalinya di Asian Games, tepatnya Asian Games 2018 di Indonesia, dan perdana pula di tingkat Olimpiade, yakni di Olimpiade 2020, Jepang.

"Bola basket 3X3 sudah makin eksis di dunia internasional. Oleh sebab itu kami berterima kasih pada Gojek atas dukungannya. Kompetisi ini bisa membangun bola basket Indonesia baik konvensional lima lawan lima maupun 3X3," tutur Hasan.

Adapun alasan Gojek selaku perusahaan teknologi informasi asal Indonesia setuju mendukung turnamen 3X3 IBL adalah karena selain meningkatkan prestasi bola basket, turnamen tersebut dianggap dapat memperkuat perekonomian masyarakat.

"Kegiatan olahraga nasional seperti ini memacu perkembangan ekonomi kerakyatan," kata Direktur Utama bidang Komunikasi Perusahaan Gojek Indonesia Michael Say.

Turnamen IBL Gojek 3X3 Indonesia digelar perdana pada 14-15 Juli 2018 di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, lalu dilanjutkan ke Lapangan Rampang, Malang, Jawa Timur pada 21-22 Juli 2018 dan terakhir atau babak final di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, 27-29 Juli 2018.

Turnamen itu diikuti tim peserta dari kategori putri, putra U-18, umum dan klub IBL. Khusus klub IBL, mereka diwakili oleh 13 tim. "Di kategori IBL, delapan tim terbaik hasil akumulasi nilai di tiga seri akan berlaga di putaran final 29 Juli dan juaranya dikirim ke tur dunia di Chengdu Cina, September nanti," kata Dwui Eriano, pengurus Perbasi bidang 3X3 Indonesia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement