Senin 02 Dec 2019 16:00 WIB
SEA Games 2019

Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia Raih Perak

Indonesia kalah dari Filipina yang diperkuat empat pemain keturunan Amerika Serikat.

Timnas basket 3x3 putra Indonesia.
Foto: DOK 3x3 Indonesia
Timnas basket 3x3 putra Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Timnas bola basket 3X3 putra Indonesia menyumbang perak pada gelaran SEA Games 2019. Indonesia kalah dari Filipina yang diperkuat empat pemain keturunan Amerika Serikat di final dengan skor 9-21 di Fil Oil Flying V Arena, Manila, Senin (2/12) sore. Filipina mengawinkan emas 3x3 SEA Games 2019.

Filipina diperkuat Christopher Elijah Newsome, Jaymar Perez, Jason Andre Perkins, dan Moala Tautuaa. Sementara Indonesia diperkuat Muhammad Sandy Aziz, Surliyadin, Rivaldo Thandra Pangesthio, dan Oki Wira Sanjaya. 

Baca Juga

Indonesia hanya mampu menempel Filipina dalam dua menit awal saat hanya tertinggal 4-6. Setelah itu, tuan rumah menjauh melalui permainan kombinasi serangan ke ring ataupun tembakan dua angka dari luar busur. Keunggulan postur dimanfaatkan oleh Filipina untuk mencetak poin demi poin. Kemenangan Filipina akhirnya ditentukan oleh Tautuaa lewat tembakan jarak jauh yang membuat skor menjadi 21-9 untuk tuan rumah.

Indonesia sebelumnya menempati urutan ketiga pada babak penyisihan di bawah Filipina di posisi pertama dan Vietnam di peringkat kedua. Thailand menempati posisi keempat. Di semifinal, Indonesia bertemu Vietnam dan berhasil menang 20-18, sementara Filipina mengalahkan Thailand. Vietnam akhirnya meraih perunggu setelah mengalahkan Thailand 21-17.

Di putri, Filipina juga merebut emas setelah mengatasi Thailand 17-13. Malaysia meraih perunggu setelah membungkam Vietnam 21-7. Sementara timnas 3X3 putri Indonesia gagal lolos setelah di penyisihan hanya menang satu kali dari lima laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement