Rabu 19 Jan 2022 03:10 WIB

Kampanye Peduli ODGJ, Prisia Nasution Ajak Main Basket

Kegelisahannya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016.

Prisia Nasution mengajak semua pihak untuk tak abai dengan ODGJ yang butuh pertolongan.
Foto: Dok. Pri
Prisia Nasution mengajak semua pihak untuk tak abai dengan ODGJ yang butuh pertolongan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris sekaligus publik figur Prisia Nasution bersama beberapa rekan sejawatnya aktif mengkampanyekan gerakan sosial "Peduli itu Tidak Diam" yang menyasar pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Berkolaborasi dengan BARDI Smart Home Indonesia, Prisia yang juga merupakan eks atlet pencak silat dan penggemar olahraga bola basket tersebut rencananya akan menggelar kegiatan acara Sports Charity Program.

Program yang melibatkan ODGJ bersama beberapa komunitas basket yang rencananya akan dilangsungkan pada Ahad depan (23/01/2022) di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan. Agenda ini juga merupakan rangkaian kampanye dari gerakan “Peduli itu Tidak Diam” di tahun 2022.

Baca Juga

Wanita berdarah campuran Batak dan Jawa tersebut mengatakan, ini merupakan kegiatan sosial yang diusung oleh Kopi Panas Foundation (KPF) yang ia dirikan untuk membantu sesama manusia, saat ini khususnya ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

"Kegelisahan saya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016, saat itu ada satu momen di mana saya melihat seorang ODGJ sedang berada di jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Hal itu terus membekas dalam memori saya dan kemudian saya terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ. Yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100% tidak benar," kata dia, Selasa (18/1/2022).

Ia mengatakan, banyak dari mereka yang juga bisa secara perlahan sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu yang lama dan tentunya perhatian. Menurutnya, mereka bisa berinteraksi dan tugas memperhatikan ODGJ jangan lantas ditujukan kepada pemerintah (dinas sosial atau Kementerian Kesehatan) saja, sebagai sesama umat manusia siapapun pun bisa membantu meringankan beban mereka baik dalam bentuk dukungan materi dan non materi. 

"Kita yang normal pun bisa juga mengidap ODGJ karena kita tidak mampu meredam stress dalam keseharian kita.Untuk itu perlu adanya wadah yang baik guna membantu ODGJ dan juga mencegah orang-orang supaya tidak centering mengidap ODGJ," kata Prisia.

Ia menjelaskan, kolaborasi KPF x BARDI meliputi lima rangkaian program diantaranya

Sports Charity Program, yang didukung oleh beberapa publik figur yang merupakan KPFriends dan teman-teman ODGJ. Nantinya, mereka akan berolahraga khususnya bermain bola basket bersama. 

"Sports Charity Program ini adalah program kedua yang dijalankan oleh KPF setelah sebelumnya digelar pertama kali di 3 Oktober 2021, bertepatan dengan hari kesehatan mental sedunia," ujar dia.

KPF x BARDI Basketball Collaboration 2022 akan berlangsung selama 11 bulan ke depan, setiap bulannya akan ada satu kali pertandingan. Puncak acara akan ada di bulan November 2022 yang mana akan ada All Star Exhibition dan acara penutupan. 

“Selain Sports Charity Program, empat rangkaian program lainnya adalah Happy Sharing yakni kunjungan ke Panti ODGJ Mitra KPF,  bersama BARDI ini akan menjadi rangkaian program Happy Sharing yang ke 26 dan akan berlangsung 11 kali happy sharing di tahun 2022," kata dia.

"Kemudian ada Rumah Asa program membangun atau merenovasi panti ODGJ mitra KPF, Lalu ada ODGJ berkarya, yakni program pelatihan untuk teman-teman ODGJ, saat ini khususnya di bidang olahraga. Yang terakhir adalah Ngopi Bareng ODGJ yang merupakan Talkshow bersama teman-teman ODGJ. Rangkaian program ini baru pertama kali dan akan segera tayang di saluran Youtube Kopi Panas Foundation," ujar dia menambahkan.

Adapun  beberapa artis yang pernah terlibat di Sports Charity Program sebelumnya dan yang akan datang diantaranya ada Augie Fantinus, Uus, Annisa Cikal Rambu, Denny Sumargo, Asri Welas, Reza Nangin, pemain timnas basket Putri Priscilla Karen, dan publik figur lainnya seperti Savira Aliva Sjahril, Haris Ilano Virza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement