Jumat 18 Feb 2022 02:30 WIB

Gada AMS Programkan Anak Muda Desa Garap Potensi Desa

Diharapkan kiprah AMS akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gada AMS harus mampu melakukan kerja organisasi demi menopang visi besar Pengurus Pusat AMS yaitu
Foto: Istimewa
Gada AMS harus mampu melakukan kerja organisasi demi menopang visi besar Pengurus Pusat AMS yaitu "Ngajaga Sarakan ku Pepelakan".

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Generasi Muda Angkatan Muda Siliwangi (Gada AMS) akan terus memberikan pendidikan dan pendampingan kepada anak muda desa tentang potensi ekonomi yang bisa digarap di desa. Sehingga, kiprah AMS akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Menurut Ketua Umum AMS Noeri Ispanji Firman, Gada AMS harus mampu melakukan kerja organisasi demi menopang visi besar Pengurus Pusat AMS yaitu "Ngajaga Sarakan ku Pepelakan".

"Visi tersebut sudah dijalankan oleh pengurus pusat sejauh ini dengan menanam lahan kosong dengan bibit. Sudah seharusnya berperan dengan melakukan kerja nyata di masyarakat," ujar Noery dalam arahannya pada Pleno V Pengurus Pusat AMS, beum lama ini.

Dalam Pleno V tersebut berisi pengesahan Rendra Wibawa Setiawan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Gada AMS periode 2021-2026. Rapat pleno adalah forum pengambilan kebijakan organisasi yang derajatnya di bawah kongres yang anggotanya adalah pengurus harian dan pengurus pleno Pengurus Pusat AMS. 

Sementara menurut Ketua Gada AMS Rendra Wibawa Setiawan, sebagai organisasi ekstrastruktural yang juga anak kandung dari AMS, Gada AMS akan membersamai kerja pengurus pusat yang terfokus di desa. Gada AMS memiliki program membangun sumber daya manusia d desa dengan berbagai macam program, di antaranya program digitalisasi ekonomi yang akan melibatkan anak muda di desa agar mampu memberikan nilai tambah ekonomi di desa. 

"Desa adalah potensi yang sangat mungkin kita maksimalkan. Gada AMS menyadari bahwa kesejahteraan masyarakat desa berpengaruh besar terhadap kemakmuran masyarakat Jawa Barat  secara keseluruhan. Dengan memaksimalkan potensi desa, perputaran roda ekonomi pedesaan akan meningkat," paparnya.

Pengembangan potensi desa, kata Rendea, berpengaruh terhadap tingkat perekonomian nasional. Sebagai organisasi kepemudaan, sudah selayaknya Gada AMS menjadi solusi terhadap permasalahan.

"Gada AMS ingin mengeliminir kesan atau citra negatif tentang organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan," katanya.

AMS, kata dia, memiliki karakter sifat dasar yang termaktub dalam catur watak. Yang isinya Kukuh kana jangji, Leber wawanen, Silih wawangi, Medangkeun kamulyaan. 

"Sifat dasar tersebut yang akan menjadi landasan gerak Gada AMS  demi mewujudkan cita-cita dan tujuan organisasi yaitu menciptakan wujud hidup masyarakat yang adil, sejahtera materil dan spiritual, demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement