Rabu 23 Mar 2022 13:20 WIB

Harga Bawang dan Cabai di Jakbar Diprediksi Terus Naik Hingga Lebaran

Naiknya permintaan jelang Lebaran membuat harga bawang dan cabai naik terus

Red: Nur Aini
Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memperkirakan harga bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit di daerah itu akan mengalami kenaikan hingga jelang Lebaran.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memperkirakan harga bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit di daerah itu akan mengalami kenaikan hingga jelang Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memperkirakan harga bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit di daerah itu akan mengalami kenaikan hingga jelang Lebaran. Hal itu karena tren permintaannya memang tinggi saat hari raya keagamaan.

"Saat ini pun, harga dua komoditas itu masih terus naik," kata Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Perikanan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Sri Riana Hanim, kepada pers di sela kunjungan ke Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Ia memberikan contoh, untuk cabai rawit saja Rp60.000 per kilogram (kg) dan bawang Rp50.000 per kg saat ini. Hanim mengatakan, harga pangan memang kerap naik menjelang Lebaran lantaran meningkatnya jumlah permintaan. Bahkan, jika berkaca pada kondisi beberapa tahun lalu, ujarnya, harga dua bahan pangan itu bisa mencapai Rp 100.000 per kg.

"Bisa sampai Rp100.000 dan Rp125.000 pernah," ujarnya.

Sedangkan untuk harga daging sapi per kg diperkirakan akan bertahan di angka Rp150.000. Maka dari itu, pihaknya akan terus melakukan operasi pasar setiap minggu untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasaran.

Tidak hanya itu, dalam kurun waktu satu bulan sekali pihaknya juga akan menggelar operasi pangan murah yang bekerja sama dengan pemerintah pusat guna membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan murah. Saat ditanya kapan dan dimana saja operasi pangan murah tersebut akan digelar, Hanim belum bisa menjelaskan dengan detail.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement