Ahad 27 Mar 2022 12:58 WIB

Resmikan Masjid di Cakung, Anies: Ini Bisa Jadi Percontohan

Pengelolaan air di masjid tersebut menerapkan konsep sustainable development.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Dok Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan baru saja meresmikan pembangunan Masjid Miftahul Jannah, di Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Ahad (27/3). Dikatakan dia, masjid yang baru saja dibangun itu diharapkan bisa mengelola air dengan lebih baik, terlebih, saat ada kelebihan tersendiri dari masjid tersebut. 

Dia mengatakan, pengelolaan air di masjid tersebut menerapkan konsep sustainable development. “Sehingga air yang digunakan dan diolah bisa didaur ulang dan dialirkan juga secara zero run off. Ini bisa jadi percontohan,” kata Anies di lokasi. 

Anies menjelaskan, sistem zero run off bisa diartikan sebagai air yang tidak dialirkan keluar. Melainkan, air yang dimasukkan ke dalam sumur-sumur drainase.

Dalam pemanfaatan sistem itu, air yang digunakan saat ada keperluan di dalam masjid bisa dimasukkan ke sistem drainase dan diolah kembali bagi masjid pada saat tertentu.

Dia melanjutkan, pembangunan masjid tersebut memang bisa dikatakan cepat. Namun, dia berharap dengan kelebihan yang ada sesuai konsep dan pengelolaan air, sistem itu bisa digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Bangunan ini bisa menjadi percontohan bagaimana mengelola air di sebuah masjid,” ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement