Ahad 27 Mar 2022 16:37 WIB

Sebelum Jatuh ke Tangan Johnny Depp, Peran Edward Scissorhands Tadinya Buat Tom Cruise

Tom Cruise urung memerankan Edward Scissorhands gara-gara banya tanya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor AS Johnny Depp sebetulnya bukan pilihan utama sutradara untuk pemeran Edward Scissorhands. Sutradara Tim Burton mengincar Tom Cruise dan Robert Downey Jr.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Aktor AS Johnny Depp sebetulnya bukan pilihan utama sutradara untuk pemeran Edward Scissorhands. Sutradara Tim Burton mengincar Tom Cruise dan Robert Downey Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebagian penikmat film mungkin mengenal Johnny Depp karena perannya sebagai bajak laut Jack Sparrow di serial film Pirates of the Caribbean. Padahal, sebelum itu dia juga berperan di banyak film, termasuk Edward Scissorhands.

Salah satu penampilannya yang menarik perhatian adalah sebagai Edward Scissorhands di film berjudul sama karya Tim Burton. Untuk karakter ikonik tersebut, Depp mengenakan jumpsuit kulit dengan jari-jari berbilah.

Baca Juga

Film romansa fantasi itu menuai pujian kritikus dan mendapat penilaian 90 persen segar di laman ulasan Rotten Tomatoes. Akan tetapi, sang sutradara sebetulnya sempat mempertimbangkan sejumlah aktor untuk peran tersebut.

Depp bukan satu-satunya kandidat, bahkan nama-nama lain yang sangat tersohor telah dipertimbangkan untuk peran itu atau menyampaikan minat untuk memerankannya. Mereka adalah Jim Carrey, Tom Hanks, Michael Jackson, Tom Cruise, serta Robert Downey Jr.

Depp mendapatkan peran tersebut setelah mengalahkan mereka semua. Namun, ada cerita di balik itu. Semula, dari semua nama yang ada, sutradara Tim Burton paling menginginkan Tom Cruise dan Robert Downey Jr.

Hal itu diketahui dalam sebuah wawancara dengan penulis skenario film Edward Scissorhands, Caroline Thompson. Cruise akhirnya maju dalam proses casting, tetapi dia melakukan sesuatu yang dianggap menyusahkan.

Cruise mengajukan banyak pertanyaan rumit soal sosok Edward Scissorhands. Aktor Top Gun dan Mission: Impossible itu menanyakan jenis pertanyaan tentang karakter yang tidak dapat dijelaskan.

"Dia bahkan mengajukan pertanyaan seperti: 'Bagaimana caranya dia ke toilet? Bagaimana dia hidup tanpa makan selama bertahun-tahun?'" kata Thompson, dikutip dari laman Express, Ahad (27/3/2022).

Menurut Thompson, Cruise tidak mau membintangi film kalau Burton tidak bisa menjawab pertanyaannya. Padahal, jenis pertanyaan demikian agaknya tidak perlu dijawab karena merupakan bagian dari misteri cerita.

Burton dan Cruise akhirnya berpisah jalan secara damai, kemudian pembicaraan beralih ke siapa yang layak mengambil alih peran Edward Scissorhands. Tak lama kemudian, Burton memilih Depp untuk film tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement