Jumat 14 Oct 2022 22:29 WIB

Lakukan Persiapan, DIY Targetkan 16 Medali Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Selama Oktober 2020 ini sudah ada 20 cabang olahraga yang melaksanakan kejurnas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Lakukan Persiapan, DIY Targetkan 16 Medali Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Lakukan Persiapan, DIY Targetkan 16 Medali Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- DIY sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut. Dalam pesta olahraga nasional tersebut, DIY menargetkan 16 medali emas.

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan setidaknya 250 atlet yang akan berpartisipasi. Termasuk 100 pelatih yang juga sudah disiapkan.

Baca Juga

"Kriteria yang dapat mengikuti PON XXI 2024 Aceh-Sumut yakni yang lolos pada pra-PON minimal peringkat ke-5 untuk zona nasional dan juara satu untuk zona wilayah," kata Djoko di DPRD DIY, Kota Yogyakarta, Kamis (13/10).

Wakil Ketua Umum II KONI DIY, Pramana mengatakan, pihaknya memiliki target bayangan dan target riil sebanyak 46 medali emas. Untuk target bayangan diperkirakan sejumlah 30 medali emas dan target riil sebanyak 16 medali emas.

"Perkiraan ini sudah sangat diperhitungkan dengan matang dengan perkiraan persentase 75 persen dari target riil dan 15 persen dari target bayangan, sehingga hasil dari keduanya adalah 16 medali emas," kata Pramana.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembibitan dan Pembinaan Prestasi KONI DIY, Agung Nugroho mengatakan, selama Oktober 2020 ini sudah ada 20 cabang olahraga yang melaksanakan kejuaraan nasional. Bahkan, kata Agung, hasilnya untuk DIY cukup baik.  

"Harapannya, dengan hasil tersebut DIY dapat meraih lebih dari 16 medali emas dalam PON ke-21," kata Agung.

Anggota Komisi D DPRD DIY, Syukron Arif Muttaqin mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembinaan prestasi terhadap atlet di DIY. Pihaknya juga memberikan usulan terkait dengan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dengan membuat skema bersama terkait penambahan anggaran.

"Penambahan anggaran untuk bisa melakukan pemantauan bersama dalam pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut, maupun kegiatan-kegiatan yang menjadi mitra," kata Syukron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement