Senin 21 Nov 2022 06:35 WIB

Industri Podcast Indonesia Tumbuh Hingga 5 Kali Lipat

Podcast di Indonesia mengalami peningkatan sampai lima kali lipat dalam tiga tahun

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Industri siniar (podcast) di Indonesia dilaporkan mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan sampai lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir.
Foto: EPA
Industri siniar (podcast) di Indonesia dilaporkan mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan sampai lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Industri siniar (podcast) di Indonesia dilaporkan mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan sampai lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Hal itu diungkap oleh General Manager Spotify Asia Pacific, Gautam Talwar.

“Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia. Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” kata Gautam seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Ahad (20/11/2022).

Gautam menambahkan bahwa sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global. Semua pencapaian ini diperoleh berkat upaya Spotify yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya mereka melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri ini.

Beberapa inisiatif tersebut mencakup kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang kini tersedia melalui Anchor, gratis bagi semua lapisan masyarakat. Saat ini 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast.

“Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya. Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” ujar Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia. Dari horor sampai percakapan intim dan pengembangan karakter, kreator Indonesia terus menghadirkan ragam konten kreatif mereka.

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengarnya, Spotify menyediakan fitur terbaru, seperti Q&A dan Polls dan juga membawa pengalaman baru bagi para pendengarnya dalam menemukan konten di dalam platform melalui fitur Music + Talk. Pendengar bisa menjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement