Selasa 20 Dec 2022 20:40 WIB

Pelatih Rangers Ikut Senang Melihat Peran Krusial Emiliano Martinez di Skuad Argentina

Martinez juga pahlawan dengan aksinya di final.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez berpose setelah menerima penghargaan Golden Glove sebagai kiper terbaik turnamen setelah kalah di Final Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Prancis di stadion Lusail di Lusail, Qatar,  Ahad (18/12/2022).
Foto: EPA-EFE/Ronald Wittek
Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez berpose setelah menerima penghargaan Golden Glove sebagai kiper terbaik turnamen setelah kalah di Final Piala Dunia FIFA 2022 antara Argentina dan Prancis di stadion Lusail di Lusail, Qatar, Ahad (18/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Pelatih Rangers FC Michael Beale turut gembira dengan peran krusial Emiliano Martinez di bawah mistar dalam perjalanan Argentina merengkuh gelar Piala Dunia 2022 Qatar. Beale pernah bekerjasama dengan Martinez di Aston Villa sehingga bangga melihatnya menjadi pahlawan kemenangan Albiceleste.

Martinez memperlihatkan penampilan menakjubkan di partai final dengan beberapa aksi penyelamatan gemilangnya. Salah satunya ketika mengagalkan tembakan keras Randal Kolo Muani jelang laga berakhir sehingga Argentina selamat dari kekalahan. Di babak adu penalti, ia melakukan dua kali penyelamatan.

Baca Juga

Mantan pemain Arsenal itu mulai terkenal di Inggris ketika berseragam Oxford United dan Rotherham. Kini ia telah memiliki rekor penghargaan terbesar di dalam karirnya sebagai kiper terbaik Piala Dunia.

"Pertandingan yang luar biasa. Saya tinggal di sini dan menontonnya bersama staf, kami menontonnya di kantin di lantai atas. Permainan yang fantastis,” kata Beale, dilansir Rangers Review, Selasa (20/12/2022).

Menurut Beale, Argentina memenangkan setiap duel satu lawan satu di laga tersebut. Namun secara pribadi, ia senang atas penampilan Martinez. Ia mengungkapkan pengalamannya bekerjasama dengan Martinez selama enam tahun di Aston Villa melihat dia memang pemain hebat.

Beale mengeklaim memiliki hubungan baik dengan pemain 30 tahun tersebut. Mantan pelatih Arsenal Neil Banfield yang juga pernah bekerjasama dengan Martinez melihat pemain bagus meskipun waktu itu kurang mendapatkan kesempatan.

"Dia berlatih dengan sangat baik. Saya tahu betapa bersemangatnya dia bermain untuk negaranya dan betapa pentingnya Piala Dunia ini. Dia adalah bintang kedua Piala Dunia, atau mungkin yang ketiga setelah Mbappe,” ujar Beale.

Martinez, lanjutnya telah melakukan penyelamatan gemilang sepanjang pertandingan. Perjuangannya untuk menjadi pemain top kini terbayar tuntas dengan merebut Piala Dunia dan Copa Amerika.

"Melihat dia menangis di lapangan, itu adalah tangisan paling bahagia yang pernah saya lihat,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement