Senin 02 Jan 2023 15:18 WIB

Jelang Vs Filipina, Shin Minta Para Pemain Timnas Indonesia Maksimalkan Setiap Peluang

Skuad Garuda terus memperbaiki peluang di depan gawang dalam setiap latihan.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pesepak bola timnas selama latihan.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pesepak bola timnas selama latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Indonesia akan menjalani laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 kontra tuan rumah Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2022), mulai pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB. Pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong sudah mengantisipasi setiap kemungkinan.

Shin meminta para pemain untuk fokus sepanjang laga dan menuntaskan setiap peluang yang ada menjadi skor. Sejatinya, Indonesia hanya perlu hasil imbang untuk berangkat ke babak empat besar Piala AFF 2022.

Baca Juga

Skuad Garuda kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Akan tetapi, karena mengincar posisi juara Grup A supaya mendapatkan beberapa keuntungan seperti memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertarung di semifinal, berhak tandang di leg pertama empat besar, dan terhindar dari juara Grup B yang kemungkinan besar direbut Vietnam, Indonesia mesti menang besar atas Filipina.

Itu demi melampaui selisih gol Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan menjamu Kamboja di Thailand, juga pada Senin (2/1/2022).

Untuk itu, Shin Tae-yong meminta para pemainnya tampil efektif dan sebisa mungkin memanfaatkan setiap peluang. Kualitas finishing atau penyelesaian akhir timnas Indonesia pada tiga laga Grup A Piala AFF 2022 kerap mendapatkan sorotan lantaran dianggap tidak efektif.

Saat melawan Kamboja, 23 Desember 2022, Indonesia memang menang 2-1 tetapi dua gol tersebut datang dari 16 tembakan ke gawang, di mana delapan di antaranya tepat sasaran.

Kemudian, kala menundukkan Brunei Darussalam 7-0, 26 Desember 2022, Indonesia menghasilkan total 26 percobaan, setengah di antaranya mengarah ke gawang.

Terayar, 29 Desember 2022, Indonesia yang mengarahkan tiga percobaan ke tepat ke gawang harus bermain imbang 1-1 dengan Thailand. Padahal, dalam laga itu, Thailand cuma menghasilkan satu sepakan pas.

Shin Tae-yong tentu saja tidak mau situasi serupa terjadi waktu timnya bersua Filipina. Skuad Garuda terus memperbaiki peluang di depan gawang dalam setiap latihan.

Shin terus mengasah kemampuan pemainnya dalam setiap kesempatan dengan harapan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menang.

"Kami tidak akan lengah saat menghadapi Filipina. Kami akan memberikan yang terbaik seperti final, tetapi harus pula hati-hati agar tidak cedera di lapangan sintetis," ujar Shin menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement