Selasa 03 Jan 2023 11:44 WIB

Meski Gabung Al Nassr, Ronaldo Masih Punya Kans Tampil di Liga Champions, Kok Bisa?

Ronaldo diperbolehkan melakoni masa peminjaman bersama Newcastle.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Ronaldo mengaku senang bisa bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr, untuk masa kontrak selama dua tahun, Selasa (3/1/2023).
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Ronaldo mengaku senang bisa bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr, untuk masa kontrak selama dua tahun, Selasa (3/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Cristiano Ronaldo resmi mengakhiri kiprahnya di pentas sepak bola Eropa, dengan memilih hijrah ke klub asal Arab Saudi, Al Nassr. Kendati begitu, pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu ternyata masih memiliki peluang untuk merumput di Liga Champions.

Peluang itu tersaji via klausul spesial dalam kontrak Ronaldo bersama Al Nassr. Berdasarkan lansiran Marca, Selasa (3/1/2023), Ronaldo diperbolehkan melakoni masa peminjaman bersama Newcastle United apabila the Magpies bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini dan tampil di Liga Champions musim depan.

Baca Juga

''Ronaldo dilaporkan memiliki klausul khusus dalam kontraknya bersama Al Nassr. Jika Newcastle United bisa lolos ke fase grup Liga Champions musim depan, Ronaldo bisa dipinjamkan ke klub yang dimiliki oleh lembaga investasi Pemerintah Arab Saudi (PIF) tersebut,'' tulis laporan Marca, Selasa (3/1/2023).

Konsorsium yang dibentuk PIF resmi mengambil alih kepemilikan Newcastle United pada Oktober 2021. Kabarnya, PIF mengelontorkan dana sebesar 305 juta poundsterling untuk bisa mengakuisisi kepemilikan the Magpies dari pengusaha asal Inggris, Mike Ashley.

Dengan pengambilalihan tersebut, Newcastle United pun digadang-gadang menjadi klub paling kaya sejagat. Kehadiran pemilik anyar itu kemudian mendongkrak performa the Magpies, yang ditangani Eddie Howe.

Meski relatif berhati-hati dalam mengeluarkan dana transfer untuk perekrutan pemain bintang, Newcastle terbukti mampu bersaing di pentas Liga Primer Inggris musim ini. The Magpies, yang finis di peringkat ke-14 klasemen Liga Primer Inggris musim lalu, mampu bersaing di papan atas klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini.

Berada di peringkat ketiga, Newcastle United mengumpulkan 34 poin dari 16 laga. The Magpies unggul empat poin dari peringkat kelima.

Apabila bisa terus mempertahankan performa pada sisa Liga Primer Inggris, Miguel Almiron dan kawan-kawan pun berpeluang untuk bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini, sekaligus berhak tampil di Liga Champions musim depan.

Dengan begitu, peluang buat Ronaldo kembali merumput di Liga Champions dengan mengaktifkan klausul dalam kontraknya bersama Al Nassr terus terjaga. Ronaldo pun bisa kembali berkiprah di Liga Champions usai absen pada musim ini karena kegagalan Man United finis di empat besar Liga Primer Inggris musim lalu.

Sebelumnya, setelah sepakat mengakhiri kontrak bersama Manchester United pada November 2022, Ronaldo akhirnya mendapatkan klub anyar. Al Nassr menjadi klub kelima Ronaldo pada sepanjang kariernya. Pemain berusia 37 tahun itu diikat dengan durasi kontrak selama dua tahun.

Ronaldo pun dilaporkan akan mendapatkan bayaran hingga mencapai 200 juta euro per musim, termasuk bonus dan kesepakatan komersial. Dengan bayaran ini, Ronaldo digadang-gadang menjadi pesepak bola dengan bayaran termahal sepanjang sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement