Jumat 27 Jan 2023 10:27 WIB

Baru 58 Hari Jadi Pelatih, Legenda Arsenal Ini Dipecat Klub Liga Inggris 

Dalam sembilan laga terakhir, ia tak pernah membawa timnya menang.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kolo Toure.
Foto: ap
Kolo Toure.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Baru 58 hari ditunjuk menjadi pelatih, Kolo Toure sudah dipecat Wigan Athletic. Anggota skuad Arsenal yang meraih trofi emas Liga Primer Inggris ini gagal memenangkan satu pun laga dari sembilan pertandingannya sebagai pelatih.

Pria berusia 41 tahun itu ditunjuk untuk jabatan manajerial pertamanya dengan kontrak tiga setengah tahun pada 29 November lalu, menggantikan Leam Richardson, tetapi gagal meningkatkan peruntungan Latics di dasar Championship.

Baca Juga

Wigan berada di urutan ke-22 ketika Toure mengambil kendali, tetapi sekarang berada di posisi 24 atau juru kunci, dengan koleksi 25 poin dari 28 laga. Tanpa kemenangan sejak 12 November, sebelum jeda kompetisi untuk Piala Dunia 2022.

Rekornya setelah sembilan pertandingan tanpa menang, seri tiga, kalah enam, dengan pemenang Piala FA 2013 jatuh ke kekalahan kandang dalam dua pertandingan terakhir mereka.

"Sayangnya, hasil di lapangan tidak seperti yang kami inginkan dan keputusan sulit seperti ini, Dewan merasa perlu memberi kami kesempatan terbaik untuk tetap menjadi klub Championship musim depan," kata Kepala Eksekutif Wigan Malachy Brannigan dalam pernyataan klub.

"Kami tahu bahwa tahun ini adalah periode kunci untuk klub sepak bola manapun, termasuk kami sendiri. Oleh karena itu, kami sekarang akan bekerja dengan cepat dan efektif untuk memastikan orang yang tepat ditunjuk sebagai manajer permanen Wigan Athletic berikutnya, dengan tujuan langsung untuk tersisa di Tingkat Kedua untuk musim depan," ujar Malachy Brannigan lagi.

Toure, yang sebelumnya membantu Brendan Rodgers di Celtic dan Leicester City, berangkat dari DW Stadium bersama pelatih Kevin Betsy dan Ashvir Johal, keduanya juga telah dibebastugaskan.

Mantan bek tengah ini membuat 353 penampilan di Liga Premier bersama Arsenal, Manchester City, dan Liverpool antara tahun 2002 dan 2016 menjadi satu dari hanya delapan pemain yang memenangkan gelar dengan dua klub terpisah.

Bersama Pantai Gading, ia mengumpulkan 120 caps dan menjadi pemenang Piala Afrika 2015 sekaligus mewakili Pantai Gading di tiga Piala Dunia.

"Kami senang Kolo telah menjadi manajer baru klub sepak bola Wigan Athletic dan dewan senang bahwa dia adalah orang yang membawa kami maju," kata Brannigan ketika Toure ditandatangani kurang dari dua bulan lalu. "Kami menerima pelamar berkaliber tinggi untuk pekerjaan manajer dalam beberapa minggu terakhir, dalam proses perekrutan yang sangat teliti saat kami mencari orang yang tepat untuk peran itu.

"Dari percakapan paling awal yang kami lakukan dengan Kolo, terbukti bagi kami bahwa dia langsung memahami nilai-nilai klub -dengan antusiasme, pengetahuan, dan keinginan besar untuk bekerja dan menjadi bagian dari Wigan Athletic yang bersinar sepanjang prosesnya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement