Kamis 02 Feb 2023 13:11 WIB

Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023

Penyelenggaraan haji dan umroh juga mengandung unsur perniagaan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Karyawan di salah satu dapur perusahaan katering tengah menyiapkan konsumsi bagi jamaah haji Indonesia di Madinah. Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023
Foto: Republika/ Amin Madani
Karyawan di salah satu dapur perusahaan katering tengah menyiapkan konsumsi bagi jamaah haji Indonesia di Madinah. Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah menggelar Indonesian Hajj Expo 2023. Acara ini berlangsung pada 1-2 Februari 2023 di Balai Nusantara Jeddah, Arab Saudi.

Indonesian Hajj Expo diikuti para pelaku usaha yang terdiri dari para calon penyedia layanan katering jamaah haji Indonesia, para importir dan pemasok produk-produk Indonesia, dan pengusaha UKM Indonesia.

Baca Juga

“Kami dua hari ini menggelar Indonesian Hajj Expo 2023. Di sini, kami pertemukan para pelaku usaha Arab Saudi dan pelaku usaha Indonesia. Salah satu tujuannya, agar produk-produk Indonesia semakin banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh," kata Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief melalui pesan tertulis kepada Republika, Kamis (2/2/2023).

Hilman mengatakan, dimensi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh tidak hanya persoalan ibadah. Penyelenggaraan haji dan umroh juga mengandung unsur perniagaan.

"Jika ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik, tentu akan memberikan manfaat secara ekonomi bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk masyarakat Indonesia," ujarnya.

Hilman mengatakan, ke depan, Arab Saudi sebagai negara tempat pelaksanaan ibadah haji dan umroh dan Indonesia sebagai pengirim jamaah terbanyak sedunia, perlu terus meningkatkan kerja sama jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Sinergi ini perlu terus dimaksimalkan untuk saling memberikan manfaat ekonomi bagi kedua negara.

Ada banyak produk Indonesia yang dihadirkan dalam Indonesian Hajj Expo 2023. Produk tersebut antara lain kopi, teh, kecap, saus sambal, puding, jamur kemasan kaleng, beragam produk mi, santan bubuk, tepung krispi, gula merah, kemiri, margarin, beras, bubur kacang hijau atau ketan hitam, sambal terasi, ikan tuna kaleng, dan aneka kebutuhan ikan beku.

Ada juga aneka macam bumbu pasta, mulai dari bumbu semur, bumbu kuning, bumbu lombok ijo, bumbu gulai, bumbu pindang, bumbu asam manis, bumbu balado, bumbu rica, dan bumbu tongseng.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement