Selasa 28 Feb 2023 06:34 WIB

Messi Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Pria di The Best FIFA Awards 2022

Pelatih dan kiper Argentina juga meraih penghargaan dalam The Best FIFA Awards 2022.

Lionel Messi saat menerima trofi The Best Fifa Awards 2022 untuk kategori pemain terbaik pria.
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Lionel Messi saat menerima trofi The Best Fifa Awards 2022 untuk kategori pemain terbaik pria.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA 2022 pada Selasa (28/2/2023) dini hari WIB dalam seremoni di Paris. Penyerang berusia 35 tahun itu mencetak dua gol di final Piala Dunia 2022 melawan Prancis, yang mengantarkan tim Amerika Selatan keluar sebagai pemenang melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 usai perpanjangan waktu di Qatar.

"Sangat luar biasa. Ini adalah tahun yang luar biasa dan sebuah kehormatan bagi saya untuk berada di sini malam ini dan memenangi penghargaan ini," kata Messi, yang duduk di samping penyerang Prancis dan rekan setimnya di Paris St Germain, Kylian Mbappe, dalam acara yang berlangsung di Salle Pleyel, Paris.

Baca Juga

Mbappe, yang juga dinominasikan untuk penghargaan yang sangat dinanti-nantikan pada malam itu, mencetak hat-trick di final Piala Dunia. Namun pencapaiannya tertutupi oleh Messi yang akhirnya memenangkan trofi personal prestisues di dunia sepak bola.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada (pelatih Lionel) Scaloni dan rekan-rekan setim saya, tanpa mereka saya tidak akan berada di sini," kata Messi.

"Saya meraih mimpi yang sudah lama saya harapkan dan akhirnya saya meraihnya. Ini adalah mimpi bagi setiap pemain, hanya sedikit orang yang bisa mencapainya dan saya cukup beruntung untuk melakukannya."

Rekan senegaranya, Lionel Scaloni dan Emiliano Martinez, masing-masing meraih penghargaan pelatih terbaik dan kiper terbaik, dan para pendukung mereka bahkan mendapat penghargaan suporter terbaik. Adapun Inggris mendapat penghargaan atas kemenangan mereka di Euro 2022.

Mary Earps dinobatkan sebagai kiper terbaik tahun ini dan pelatih Belanda dari Inggris, Sarina Wiegman, menerima penghargaan sebagai pelatih wanita terbaik dari tim yang memiliki empat pemain dalam 11 pemain terbaik dunia tahun ini, Beth Mead, Lucy Bronze, Leah Williamson, dan Keira Walsh.

Alexia Putellas dari Spanyol, yang memenangi Ballon d'Or tahun lalu, dinobatkan sebagai pemain wanita terbaik tahun ini setelah menginspirasi Barcelona untuk meraih gelar nasional ketiga berturut-turut pada tahun 2022.

Pemain Polandia yang diamputasi, Marcin Oleksy, memenangkan penghargaan Puskas untuk gol terbaik tahun ini, berkat tendangan voli akrobatik yang spektakuler saat melawan Warta Poznan.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement