Senin 13 Mar 2023 16:28 WIB

PLN Jamin Keandalan Listrik Stadion GBT saat Piala Dunia U-20

PLN menyiapkan pengamanan suplai mencapai empat lapis.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memantau kesiapan pasokan listrik Stadion GBT Surabaya, menjelang digelarnya Piala Dunia U-20.
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memantau kesiapan pasokan listrik Stadion GBT Surabaya, menjelang digelarnya Piala Dunia U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjamin keandalan listrik di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur saat gelaran Piala Dunia U-20 2023. Darmawan mengungkapkan, kebutuhan listrik di Stadion GBT Surabaya pada gelaran Piala Dunia U-20 mencapai 1.920 kVA. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PLN menyiapkan pengamanan suplai mencapai empat lapis.

"Jadi ada tiga tujuan. Tanpa asap, zero down time (tanpa libur), dan tanpa kedip. Kami siapkan suplai dan amankan dengan pasokan listrik empat lapis," kata Darmawan di Stadion GBT Surabaya, Senin (13/3/2023).

Baca Juga

Darmawan menjelaskan, pengamanan suplai mencapai empat lapis yang dimaksud meliputi pemasangan 15 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) raksasa dengan kapasitas total mencapai 1.900 kVA. Pengamanan lapis kedua, lanjut Darmawan, pasokan listeik yang berasal dari sistem kelistrikan PLN dengan tiga penyulang dari dua gardu induk yang berbeda.

"Tiga penyulang ini diambil dari dua gardu induk yang berbeda dan menggunakan automatic change over. Jadi kalau ada gangguan langsung switch ke penyulang yang selanjutnya. Itu dari gardu induk yang berbeda," ujarnya.

Darmawan melanjutkan, untuk pengamanan lapis ketiga, selain menyediakan pasokan listrik dari PLN, pihaknya juga menyiapkan back up menggunakan genset kapasitas besar. Selanjutnya, untuk pengamanan lapis keempat, PLN menyiagakan personel yang terus mobile, sehingga apalabila terjadi gangguan atau kegagalan dari sistem, pasokan listrik tetap akan ada dan tanpa kedip.

"Personelnya kita siapkan 24 jam. Ada 180 personel khusus untuk di Stadion GBT. Kami juga membuka Posko Siaga 24 jam dan menyiapkan personil siaga di area stadion dan kantor pelayanan PLN terdekat," kata Darmawan.

Darmawan melanjutkan, selain mengamankan pasokan listrik untuk Stadion GBT, PLN juga siap mengamankan pasokan listrik untuk empat lapangan latihan di Surabaya. Empat lapangan latihan yang dimaksud meliputi lapangan latihan A dan C di kompleks Stadion GBT, lapangan Thor, dan Gelora 10 November.

"Kita juga petakan termasuk untuk lokasi hotel-hotel tempat atlet menginap. Kita petakan masih belum finalisasi. Kita pastikan layanan listriknya berlapis," ujarnya.

Darmawan mengungkapkan, terkait kesiapan pasokan listrik di Stadion GBT untuk gelaran Piala Dunia U-20 telah mencapai 70 persen. Ia memastikan, seluruh proses persiapan akan rampung pada pertengahan April 2023, atau satu bulan sebelum digelarnya Piala Dunia U-20. "Semuanya selesai sebulan sebelum perhelatan dimulai," kata Darmawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement