Setelah Chelsea, Aston Villa Umumkan akan Gelar Buka Puasa Bersama Perdana

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 18 Mar 2023 06:31 WIB

Pemain Aston Villa Philippe Coutinho (kiri) berebut bola dengan pemain Arsenal Jorginho pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan Arsenal di Villa Park di Birmingham, Inggris, Sabtu (18/2/2023). Setelah Chelsea, Aston Villa Umumkan akan Gelar Buka Puasa Bersama Perdana Foto: AP Photo/Jon Super Pemain Aston Villa Philippe Coutinho (kiri) berebut bola dengan pemain Arsenal Jorginho pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan Arsenal di Villa Park di Birmingham, Inggris, Sabtu (18/2/2023). Setelah Chelsea, Aston Villa Umumkan akan Gelar Buka Puasa Bersama Perdana

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub Liga Premier Inggris Aston Villa FC mengumumkan bakal mengadakan buka puasa bersama di Villa Park pada bulan suci Ramadhan 1444 H. Dalam pernyataannya, agenda buka puasa bersama ini merupakan cara mereka untuk bersikap terbuka terhadap komunitas Muslim Birmingham.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Villa Park adalah tempat mitra Birmingham untuk Buka Puasa Bersama bekerja sama dengan Proyek Tenda Ramadhan pada Rabu, 5 April," tulis Villa dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir About Islam, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

"Buka Puasa Bersama yang berlangsung di Villa Park adalah cara yang baik untuk membuka pintu kami ke Komunitas Islam Birmingham," kata Mohammed Rahman, asisten administrasi di Aston Villa Foundation.

Rahman menambahkan, buka puasa bersama adalah hal yang sangat berarti bagi dirinya sebagai seorang Muslim yang taat. "Karena memberi saya kesempatan bertemu dan berbuka puasa dengan anggota komunitas lokal saya," tambahnya.

Aston Villa akan menjadi klub sepak bola keempat yang menjadi tuan rumah acara tahun ini, dengan Chelsea, Queen's Park Rangers, dan Brighton & Hove Albion menjadi tuan rumah acara buka puasa bersama di stadion masing-masing.

Buka puasa bersama akan dijalankan bekerja sama dengan Proyek Tenda Ramadhan, sebuah badan amal pemenang penghargaan yang didirikan pada tahun 2013. Buka Puasa Bersama adalah inisiatif unggulan Proyek Tenda Ramadhan, untuk meningkatkan keharmonisan komunitas, rasa memiliki, dan mengubah orang asing menjadi teman saat berbuka puasa.

Buka puasa adalah salah satu dari beberapa langkah yang akan diambil klub untuk mendukung komunitas lokal yang meliputi turnamen pria dan wanita tengah malam dan sesi komunitas mingguan.

"Ini akan menjadi pertama kalinya Aston Villa menyelenggarakan Iftar, dan ini akan menjadi cara yang bagus untuk menyatukan komunitas lokal untuk bergembira dan merayakan bulan Ramadan, bersamaan dengan menyelenggarakan Turnamen Sepak Bola Ramadhan tengah malam," kata Ahmed Ali, koordinator dari Proyek Tenda Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Bulan Ramadhan yang penuh berkah akan dimulai pada Kamis, 23 Maret, menurut perhitungan astronomi.