Selasa 21 Mar 2023 17:33 WIB

Livescore; Menang di Kandang Barito, Persis Solo Hentikan Laju Kemenangan Tuan Rumah

Gol kemenangan Persis Solo dicetak Sutanto Tan pada menit ke-85.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo BRI Liga 1
Foto: Sepak Pojok
Logo BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Persis Solo sukses memastikan raihan tiga poin pada pekan ke-31 Liga 1, Selasa (21/3/2023) petang WIB. Melawat ke markas Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Laskar Sambernyawa menutup laga dengan kemenangan, 3-2.

Gol kemenangan Persis Solo dicetak Sutanto Tan pada menit ke-85. Sempat unggul terlebih dulu via gol Alexis Messidoro, Persis Solo sempat tertinggal via dua gol balasan Barito Putera, yang masing-masing dicetak Mike Ott dan Gustavo Tocantins. Laskar Sambernyawa menyamkan kedudukan via gol kedua Messidoro di laga ini sebelum akhirnya menutup laga dengan gol Tan.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Persis Solo berhasil menghentikan laju kemenangan Barito Putera. Di dua laga sebelumnya, tim besutan Rahmad Darmawan itu memang mampu memetik kemenangan, termasuk saat membungkam Dewa United, 2-1. 

Tidak hanya itu, dengan kemenangan ini, Persis Solo kembali ke jalur kemenangan usai ditahan imbang, 1-1, Arema FC di laga sebelumnya. Pun dengan keberhasilan Persis Solo memperbaiki posisi di papan klasemen sementara. 

Tambahan tiga poin di laga ini membawa Laskar Sambernyawa menggeser Arema FC di peringkat kesepuluh klasemen sementara. Sedangkan buat Barito Putera, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Laskar Antasari belum beranjak dari zona degradasi klasemen sementara Liga 1.

 

Jalannya pertandingan

Tampil sebagai tuan rumah, Barito Putera malah kebobolan lebih dulu. Laskar Antasari dikejutkan dengan gol Alexis Messidoro pada menit ke-19. Gelandang serang Persis Solo itu melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan umpan dari Irfan Jauhari.

Tim tuan rumah langsung berupaya membalas gol cepat Persis Solo. Namun, variasi serangan yang dibangun tim besutan Rahmad Darmawan itu gagal menembus pertahanan tim tamu. Tusukan yang kerap dilakukan Rizki Pora dari sisi sayap kerap menemui kegagalan saat berusaha mengalikan ke kotak penalti.

Upaya Laskar Antasari untuk bisa mencetak gol balasan akhirnya bisa berbuah maksimal. Mike Ott sukses merobek gawang Laskar Sambernyawa. Menerima operan dari Eksel Runtukahu tepat di depan kotak penalti Persis Solo, Ott merangsek masuk ke dalam kotak penalti.

Setelah melewati salah satu pemain bertahan Persis Solo, Ott menyelesaikan aksinya itu dengan sepakan mendatar terarah ke gawang Laskar Sambernyawa. Tim tuan rumah sukses menyamakan kedudukan tepat pada menit ke-43. Babak pertama pun berakhir imbang, 1-1.

Barito Putera mengawali babak kedua jauh lebih baik dibanding saat memulai laga pada babak pertama. Peluang emas pun didapatkan tim tuan rumah via aksi Eksel Runtukahu. Mendapatkan umpan terobosan, Runtukahu tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Persis Solo, Yoewanto Beny.

Namun, arah sepakan Runtukahu ke sebelah kiri gawang Persis Solo mampu dibaca oleh Beny. Peluang emas tim tuan rumah untuk berbalik unggul pada awal babak kedua pun terbuang sia-sia. Persis Solo bukan tanpa perlawanan.

Kendati berstatus sebagai tim tamu, Laskar Sambernyawa tidak segan untuk berusaha mengambil kendali permainan. Messidoro menjadi salah satu pilar penting dalam Persis Solo untuk membangun serangan. Kendati begitu, Persis Solo masih belum mampu menambah catatan gol di laga ini.

Pada menit ke-72, Barito Putera benar-benar bisa berbalik unggul. Berawal dari tusukan Bagas Kaffa di sisi kanan pertahanan Persis Solo, Laskar Antasari berhasil mencetak gol ketiga di laga ini. Kaffa sempat melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti dan diterima oleh Gustavo Tocantins.

Usai sempat menguasai bola di depan mulut gawang, Tocantins melepaskan sepakan keras kaki kanan. Bola sepakan Tocantins pun meluncur deras ke bagian kanan gawang tim tamu. Namun, keunggulan Laskar Antasari itu hanya bertahan tujuh menit.

Sebuah kesalahan //passing// yang dilakukan Renan Silva harus dibayar mahal Laskar Antasari. Bola operan bek tengah Barito Putera itu malah mendarat di kaki Messidoro. Begitu leluasa menguasai bola, gelandang serang asal Argentina itu kemudian melepaskan sepakan lob ke arah gawang.

Momentum ini dimanfaatkan oleh Persis Solo. Sutanto Tan mencetak gol pada menit ke-85. Tan memanfaatkan umpan tarik dari Messidoro tepat di dalam kotak penalti Barito Putera. Gol ini berawal dari aksi Messidoro, yang merangsek di sisi kanan pertahanan tim tuan rumah. 

Pada sisa laga, Barito Putera berusaha untuk bisa membalas. Namun, dua peluang emas tim tuan rumah masih membentur mistar gawang. Gol Tan terbukti menjadi gol terakhir di laga ini sekaligus memastikan kemenangan Persis Solo atas Barito Putera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement