Ahad 26 Mar 2023 06:17 WIB

Wajah Baru Timnas Basket 3x3 Putra di Asia Cup 2023, Ada Nama Eks Pelatih UGM

Alfa pernah mengantarkan tim basket 3x3 Gunungkidul meraih emas Porda DIY.

Alfa Hari Kusumanegara
Foto: dokpri
Alfa Hari Kusumanegara

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PP PERBASI merilis daftar skuat yang akan diterjunkan pada FIFA 3x3 Asia Cup 2023 mendatang. Dari wajah-wajah baru tersebut terdapat nama eks pelatih basket Universitas Gadjah Mada (UGM), Alfa Hari Kusumanegara.

PP PERBASI di antaranya telah memanggil enam pemain pada turnamen yang akan berlangsung 29 Maret hingga 2 April mendatang. Keenamnya adalah Rio Disi, Agus Salim, Muhamad Reza Guntara, Avan Seputra, Ikram Fadhil, dan Randy Ady Prasetya.

Tim tersebut telah mulai berlatih mulai 23 Maret 2023 di Playfield Palmerah Basketball Court. Mereka berlatih di bawah asuhan head coach Tri Hartanto dengan Ardima Rama Putra sebagai General Manager dan Alfa Hari Kusumanegara sebagai Team Manager.

"Tentunya senang mendapatkan kepercayaan ini. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia pada kesempatan turnamen kali ini," ujar Alfa kepada Republika.

Sebelum menjadi manajer timnas Basket 3x3 Indonesia, Alfa telah memiliki sejumlah pengalaman melatih di antaranya adalah pelatih basket UGM (2018-2019), pelatih tim basket mahasiswa DIY (2019-2020), pelatih klub basket Koreri Yogyakarta (2021), pelatih tim basket Gunungkidul (2022), serta tim basket Papua pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022.

Pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY tahun lalu, Alfa berhasil mengantarkan tim putra 3x3 Gunungkidul meraih medali emas pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka. Sedangkan untuk tim putri 3x3 Gunungkidul diantarkannya meraih medali perunggu.

Ketum PP PERBASI Danny Kosasih menjelaskan, pada training center kali ini komposisi ofisial Timnas 3x3 Putra berbeda dengan sebelumnya. Perubahan dilakukan karena manajemen sebelumnya mengundurkan diri.

"Pak James Winson mengundurkan diri. Setelah kakaknya meninggal, dia ingin fokus mengurus perusahaan keluarga. Kami harus bergerak cepat menghadapi situasi ini," ungkap Danny.

Lanjut Danny, PERBASI kemudian menunjukkan Ardika Rama Putra sebagai general manager. Olehnya, dipilihlah pelatih Tri Hartanto. Sementara untuk pemain merupakan pilihan pelatih. 

Dari enam pemain yang dipanggil, tiga di antaranya pernah ikut seleksi awal Desember tahun lalu. Mereka adalah Rio Disi, Randy Ady Prasetya, dan Avan Seputra. Sementara Agus Salim, Muhamad Reza Guntara, dan Ikram Fadhil muka baru pada seleknas kali ini.

"TC akan berlangsung sampai 27 Maret kemudian bertolak ke Singapura untuk hadapi turnamen FIBA 3X3 Asia Cup pada 29 Maret-2 April 2023," ucap Danny.

Pada FIBA 3x3 Asia Cup 2023, Timnas Indonesia mengawali perjuangan melalui babak kualifikasi. Pasukan Merah Putih akan berjuang di grup A bersama China Taipei, Sri Lanka, dan Tahiti. Untuk bisa main di putaran final, Indonesia harus menjadi juara grup A. Jika skenario mulus, tergabung di Pool A bersama Mongolia dan Singapura.

"Di Singapura, tentu target kami untuk lolos kualifikasi dan berlaga di Main Event Asia Cup. Kami mohon dukungan, dengan persiapan singkat setelah break IBL, kami berharap bisa membawa hasil maksimal selain sebagai uji coba ke SEA Games nanti," ucapnya. 

"Untuk pemilihan Coach Tri, karena yang bersangkutan sudah terlibat aktif dari manajemen sebelumnya, jadi agar ada keberlanjutan dr program sebelumnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement