Ahad 26 Mar 2023 19:53 WIB

Rodrygo Merasa Terhormat Ikuti Jejak Pele Pakai Nomor 10 di Timnas Brasil

Rodrygo gagal membantu Brasil menghindari kekalahan dari Maroko.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Rodrygo dari Brasil (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Rodrygo dari Brasil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Rodrygo Goes tak mampu menyembunyikan kegembiraannya setelah mendapatkan nomor punggung 10 di tim nasional Brasil. Itu merupakan angka keramat di Selecao. 

Nomor 10 menjadi legendaris di sepak bola, terlebih di Brasil, karena dipopulerkan oleh Pele saat membela Selecao meraih gelar juara Piala Dunia pada masa lalu. Sosok bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini tutup usia pada akhir 2022.

Baca Juga

Saat ini nomor 10 identik dengan Neymar Jr. Namun bintang PSG itu cedera, sehingga Rodrygo mendapatkan kesempatan menggunakan nomor keramat tersebut.  

Dalam sebuah pernyataan, penyerang Real Madrid itu menyanjung Pele. Ia bangga bisa menjadi penerus nomor punggung para pesepak bola hebat di negerinya.

"Kami (tim Brasil) sadar, bahwa kami dikenal pada saat ini, berkat dia. Suatu kehormatan untuk mengikuti jejak Pele dan Neymar," kata Rodrygo, dikutip dari Football Espana, Ahad (26/3/2023).

Brasil baru saja menjalani laga persahabatan kontra tuan rumah Maroko. Selecao takluk 1-2 dari wakil Afrika itu di Ibn Batouta Stadium, Tangier, Ahad (26/3/2023) dini hari WIB. Rodrygo tampil sejak awal. Ia mentas hingga menit ke-65. Setelahnya ia digantikan oleh Vitor Roque. Meski lebih banyak menebar ancaman, raksasa Amerika Selatan tetap menderita kekalahan.

Para pemain Brasil akan kembali ke klub masing-masing, termasuk Rodrygo. Sosok berusia 22 tahun itu merupakan super sub di Madrid.

Ada andil Pele dalam keputusan sang wonderkid bergabung dengan El Real. Mereka sempat berbincang beberapa tahun lalu. Setelah diskusi tersebut, Rodrygo semakin mantap menuju ibu kota Spanyol.

"Saya pergi ke rumahnya sebelum pergi ke Real Madrid, dan kami berbicara dengan sangat baik. Saya sudah mengaguminya sebelum saya bertemu dengannya, dan setelah percakapan itu, saya semakin mengaguminya," ujar jebolan akademi Santos tersebut.

Ini musim keempat Rodrygo bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu. Selama periode tersebut, ia telah tampil dalam 148 pertandingan, dan mencetak 28 gol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement