Selasa 28 Mar 2023 17:39 WIB

Ronald Koeman: Belanda Butuh Peningkatan Drastis Usai Pekan Mengerikan di Kualifikasi Euro

Belanda kalah telak 0-4 dari Prancis dan hanya menang 3-0 atas Gibraltar.

Pelatih Belanda Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Pelatih Belanda Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Pelatih Belanda Ronald Koeman mengaku terkejut dengan penampilan timnya pada pekan pertama kembali mendampingi di sisi lapangan dalam pertandingan resmi. Ia menilai perlu ada perbaikan drastis.

Belanda meraih hasil di luar harapan Ronald Koeman dalam dua laga awal di kualifikasi Euro 2024. "Kami harus berkembang, saya cukup terkejut dengan apa yang saya lihat," katanya dikutip Reuters, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga

Virus membuat lima pemain Belanda absen pekan lalu sebelum mereka pergi ke Paris dan dihajar dengan skor telak 4-0 oleh Prancis. Harapan akan adanya respons yang penuh semangat pada pertandingan Selasa (28/3/2023) dini hari WIB melawan tim gurem Gibraltar tidak terwujud. Meskipun Belanda menang 3-0 di Stadion Feyenoord lewat dua gol dari pemain bertahan Nathan Ake, Ronald Koeman tidak menyembunyikan kegusarannya.

"Itu tidak bagus, saya cukup kecewa. Ini benar-benar harus lebih baik. Kami juga harus lebih bugar. Ini sangat sedikit," kata Ronald Koeman kepada wartawan.

Ia berharap Oranje bisa lebih baik lagi. Menurut dia, pasukannya menjalani pekan yang buruk. Banyak pemain yang jatuh sakit pada awalnya. Mereka kalah telak dari Prancis dan melawan Gibraltar pun tidak cukup bagus meski menang. 

"Ini harus segera membaik. Saya tidak pernah mengalami pekan yang buruk seperti ini selama menjadi pelatih nasional dan saya harap itu tidak akan terulang lagi," kata Ronald Koeman.

Belanda melakukan perubahan saat melawan tim yang berada di peringkat 200 dengan 72 persen penguasaan bola dan 49 percobaan ke gawang. Namun usaha mereka terhalang oleh pertahanan yang kuat, meskipun Koeman tidak ingin menggunakan itu sebagai alasan.

"Saya merasa kami tidak akurat sejak awal, terkadang ceroboh. Dengan sedikit ketajaman, lebih banyak gol akan tercipta. Itu jauh lebih sedikit dari yang saya harapkan," ujar dia.

Belanda harus membuat langkah besar karena mereka akan beraksi di UEFA Nations League pada Juni, di mana mereka akan menjadi tuan rumah. Mereka akan menghadapi Kroasia di Rotterdam pada 14 Juni dan akan melakoni laga final atau perebutan tempat ketiga melawan Italia atau Spanyol empat hari kemudian.

"Ini adalah lawan-lawan besar dan saya pikir penting bagi kami untuk memiliki skuad yang lengkap."

Belanda bermain tanpa gelandang kunci Frenkie de Jong saat melawan Prancis dan Gibraltar. Cody Gakpo dan Matthijs De Ligt juga tidak bisa bermain sepanjang pertandingan. Sementara Memphis Depay mengalami cedera. 

"Namun level kami harus naik. Terlalu banyak pemain yang bermain tidak cukup baik," tegasnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement