Selasa 25 Jul 2023 22:36 WIB

Lawan Arema di Stadion Sriwedari, Persis Solo Minta Maaf ke Suporter 

Manajemen Persis sudah dua kali meminta perubahan waktu pertandingan ke PT LIB.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Para pemain Persis Solo merayakan gol.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain Persis Solo merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo akan menjamu Arema FC pada pekan kelima Liga 1 2023/2024 yang dijadwalkan berlangsung Ahad (30/7/2023) mendatang. 

Media Officer Persis Solo Bryan Barcelona mengungkapkan ada perbedaan penyelenggaraan laga kandang di pertandingan sebelumnya, yakni pertandingan di pekan ke-5 tersebut tidak akan digelar di Stadion Manahan, karena akan digunakan untuk keperluan lain yang sudah menyewa stadion jauh sebelum jadwal Liga 1 resmi dirilis. 

 

"Kami mengeluarkan club statement sebagai pernyataan sikap sekaligus permintaan maaf kepada suporter karena tidak bisa menggunakan Stadion Manahan," kata Bryan, Selasa (25/7/2023).

 

Pihaknya mengatakan, manajemen Persis sudah dua kali mengirimkan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator dengan sejumlah poin tuntutan untuk perubahan waktu pertandingan. Pertama pengajuan untuk mengubah hari, dan kemudian tidak disetujui. 

 

Selanjutnya, pengajuan kedua untuk perubahan venue dan waktu pertandingan yang disetujui dengan nomor referensi Sket.0001/PSS/VII/2023 SP.0002/Team/PSS/VII/2023. Di dalamnya menyatakan bahwa kick off Persis versus Arema memilki jadwal baru, yaitu 30 Juli 2023, pukul 15:00 WIB di Stadion Sriwedari.

 

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa pemilihan Stadion Sriwedari sebagai lokasi pertandingan, didasarkan pada pertimbangan jarak dan hasil verifikasi yang sesuai dengan standar Liga 1. Ia mengatakan bahwa stadion tersebut adalah salah satu dari lima stadion yang disiapkan sebagai lapangan pendukung Piala Dunia U-20 mendampingi Stadion Manahan sebagai lapangan utama. 

 

Selain itu, Stadion Sriwedari juga sudah ditetapkan sebagai stadion alternatif sebagai home base sejak pendaftaran di awal musim. Berbeda dengan musim sebelumnya ketika Persis sempat memainkan laga di stadion yang sudah memenuhi risk assessment di luar kota. 

 

"Musim ini opsi untuk memainkan laga di tempat lain juga terbatas. Stadion Maguwoharjo yang sempat menjadi home base Persis di paruh kedua Liga 1 2022/2023 saat ini sudah digunakan oleh dua tim, yaitu PSS Sleman dan Rans Nusantara," katanya. 

 

"Sehingga sudah memenuhi kuota maksimal (2 tim) yang bisa menempati stadion sebagai home base, merujuk pada Regulasi Liga 1 2023/2024 Pasal 16 poin 6 perihal stadion," katanya menambahkan.

 

Pada laga ini, Persis juga harus menggelar laga tanpa penonton karena pertimbangan risiko dan struktur stadion di Sriwedari yang tidak memiliki lapisan pengamanan seperti Stadion Manahan. Sebagai alternatif pendukung, lapangan di Sriwedari memang memiliki kapabilitas untuk menggelar laga resmi, namun masih memiliki beberapa catatan terkait struktur keamanan dan risk assessment jika harus dihadiri oleh penonton. 

 

Oleh sebab itu, pihaknya mengupayakan akan mengadakan nonton bareng (nobar) untuk sedikit mengobati kekecewaan suporter. "Atas situasi tersebut, Persis memohon pengertian dan dukungan untuk keputusan yang sudah diambil demi kebaikan bersama," katanya.

 

Seperti diketahui, penyebab Stadion Manahan tak bisa dipakai pada 30 Juli dikarenakan sehari sebelumnya stadion tersebut akan digunakan untuk konser Dewa-19. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement