Rabu 14 Feb 2024 08:31 WIB

Warga Sudah Mulai Mencoblos di TPS 034 Manahan Solo, Gibran Belum Tampak

TPS 034 Manahan Solo tempat Gibran mencoblos mengusung tema Valentine.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Israr Itah
TPS 034 Manahan Solo Heru Mawanto tempat Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda akan mencoblos.
Foto: Republika/Alfian choir
TPS 034 Manahan Solo Heru Mawanto tempat Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda akan mencoblos.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Para warga sudah mulai mencoblos di TPS 034 Manahan Solo tempat Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024. 

Pantauan Republika.co.id, warga sudah mulai berdatangan sekitar pukul 07.00 WIB. Namun pencoblosan sudah mulai tak lama setelah pembukaan lima surat suara dari pilpres hingga DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi hingga kota.  

Baca Juga

Di TPS bertema Valentine tersebut, masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus juga dibantu oleh para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di lokasi. Para pencoblos diantarkan ke bilik suara hingga dibantu memasukkan suaranya ke kotak suara. 

Setelah mencoblos, warga diminta memasukkan jarinya ke tinta. Baru mereka diberikan coklat lantaran TPS tersebut mengusung tema hari Valentine. 

Gibran beserta istrinya yang dijadwalkan mencoblos di lokasi tersebut hingga pukul 08.00 WIB belum tampak. Namun, dari informasi yang dihimpun Republika, ia akan mencoblos ketika TPS kondisi sepi. 

Sebelumnya, Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku tak ada persiapan khusus menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024. 

Gibran masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 034 Manahan Solo. Selain Gibran, ada juga istrinya Selvi Ananda yang juga menjadi DPT di TPS yang sama. 

"Tidak ada persiapan khusus, hari ini tetap ngantor seperti biasa saja sebagai wali kota," kata Gibran ketika ditanya persiapan pencoblosan. 

Putra sulung presiden Jokowi tersebut mengatakan ia akan mencoblos bersama istrinya. "Iya, di KK kan cuma berdua yang bisa nyoblos," katanya. 

Ditanya apakah dirinya akan sungkem ke Presiden Jokowi sebelum mencoblos, Gibran mengaku sudah melakukan itu beberapa waktu lalu. 

Ditanya soal jam pencoblosan, Gibran tak menjelaskan dengan detail. Ia hanya mengatakan tak pernah terlalu pagi ketika mencoblos. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement