Jumat 04 Mar 2011 10:48 WIB

Duh! Skandal Nurdin Halid dan PSSI pun Masuk New York Times (2)

Demonstrasi menuntut revolusi PSSI di depan kantor PSSI, Senayan, Rabu (23/2).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Demonstrasi menuntut revolusi PSSI di depan kantor PSSI, Senayan, Rabu (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--JAKARTA—-Skandal Ketum PSSI Nurdin Halid memancing perhatian internasional. Media sekelas New York Times (NYT) pun membuat artikel khusus tentang sepak bola Indonesia dan Nurdin Halid berjudul, 'In Indonesia, a Scandal Over Soccer' yang diterbitkan Jumat ini.

Dalam artikelnya, NYT menyusun profil singkat soal Nurdin Halid. NYT menyatakan Nurdin dituding secara ilegal mengumpulkan kekayaan pribadi dan koleganya. Termasuk menyoroti bagaimana Nurdin dituduh menerima Rp 100 juta dari dana APBD yang dikucurkan ke Persisam.

Pada saat yang sama, NYT menggambarkan Nurdin dituduh mengubah PSSI menjadi organisasi yang meluaskan pengaruh Golkar. Nurdin dilihat sangat dekat dengan Aburizal Bakrie cs, konglomerat yang juga ketua umum DPP Partai Golkar.

Konflik Nurdin dengan Menpora Andi Mallarangeng pun tak luput dari perhatian NYT. Ditulis, bahwa Andi menepis anggapan kalau ia mengancam Nurdin dan mengintervensi PSSI yang bisa membuat FIFA menjatuhkan sanksi.

NYT juga mewawancarai seorang demonstran, Fajar Dikra Pratama. Fajar mengatakan ia malu dan frustasi terhadap kondisi sepak bola nasional. "Semuanya, apakah itu Andi Mallarangeng, Nurdin Halid, Arifin Panigoro, harus mengedepankan urusan sepak bola ketimbang pribadi. Kalau mau memajukan sepak bola kita harusnya bareng-bareng membangun, bukannya pecah seperti ini," demikian NYT.

sumber : New York Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement