Ahad 01 May 2011 12:34 WIB

Jadi Kampiun, Dortmund Akhiri Penantian Sembilan Tahun

Rep: Ratna Puspita/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND - Pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp, kehabisan kata-kata setelah skuat mudanya mengakhiri penantian sembilan tahun the Black Yellows merengkuh gelar Bundesliga musim ini. Dortmund meraih gelar Liga Jerman setelah mengandaskan Nuremberg 2-0 di Signal Iduna Park, Sabtu (30/4) malam waktu setempat.

Meski Liga Jerman masih menyisakan dua laga, Dortmund dipastikan tidak terkejar setelah Bayer Leverkusen ditekuk Cologne, 0-2. Tambahan tiga angka itu membuat Dortmun mengoleksi 72 angka atau unggul delapan dari Leverkusen. Seandainya mampu memenangi laga tersisa, maksimal poin yang diraih Leverkusen hanya 68 poin.

Klopp pun memuji, timnya yang tetap mampu menampilkan permainan di level tertinggi meski tengah berada dalam tekanan. "Apa yang sudah dilakukan para pemain muda saya sangat sulit digambarkan dengan kata-kata. Mereka sudah menunjukan pekerjaan yang luar biasa di lapangan," ujar dia seperti dilansir Deutsche Welle.

Bagi Klopp, kesuksesan Dormund mengantongi gelar liga domestik yang ketujuh semakin terasa spesial. Sebab, Klopp yang menanangani Dortmund sejak 2008 silam memetik titel itu pada laga ke-100. "Saya sangat senang. Saya sempat berpikir bila ini akan terasa berbeda, lebih larut dalam euforia. Tapi, mungkin itu akan datang kemudian," ujar dia.

Dortmund yang terakhir memenangi titel 2002 silam memulai musim ini dengan kurang meyakinkan setelah menelan kekalahan di kandang dari Leverkusen. Pekan lalu, the Black Yellows secara mengejutkan menelan kekalahan dari Borussia Moenchengladbach. Namun, Dortmund mampu bangkit melalui Lucas Barrios dan Robert Lewandowski menundukan kiper Nuremberg, Raphael Schaefer, sebelum turun minum.

Pelatih Jerman, Joachim Leow, pun mengucapkan selamat atas keberhasilan Dormund. Menurutnya, the Black Yellows memang layak meraih gelar setelah tampil konsisten sepanjang musim. "Mereka memainkan sepak bola yang atraktif, displin. Pujian khusus untuk kolega saya, Juergen Klopp," kata dia.

Sementara itu, Bayern Muenchen menjaga peluang berlaga di Liga Champions musim depan setelah mengandaskan Schalke 04, 4-1. Thomas Muller menyumbang dua gol, ditambah Arjen Robben dan Mario Gomez. Sedangkan satu-satunya gol the Royal Blues merupakan gol bunuh diri Holger Badstuber.

Kekalahan ini bukan modal yang bagus bagi Schalke yang akan melawat ke Manchester United pada leg kedua Liga Champions, pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement