Selasa 31 May 2016 23:07 WIB

Boban Jadi Pejabat Tinggi FIFA

FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH  --  Mantan kapten timnas Kroasia Zvonimir Boban mendapat jabatan di FIFA. Badan sepak bola dunia itu mengangkat Boban sebagai salah satu dari dua wakil sekretaris jenderal (sekjen) baru.

Boban, akan menjadi pilar sepak bola dari administrasi baru FIFA, fokus pada pengembangan pertandingan dan organisasi dari kompetisi-kompetisi. Demikian pernyataan FIFA pada Selasa (31/5).

Sementara Marco Villiger, yang baru-baru ini menjabat sebagai direktur legal FIFA, diangkat sebagai wakil sekjen yang lain dan akan berkecimpung di bidang komersial dan operasi administrasi.

Pengangkatan pejabat tersebut diumumkan oleh sekjen FIFA yang baru Fatma Samoura, yang memastikan memisahkan bidang administrasi dari badan sepak bola olah raga masuk dalam dua bagian. Samoura merupakan perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut.

Acara pengukuhan wakil sekjen FIFA itu tidak terbuka untuk wartawan. Namun, FIFA mengatakan pejabat asal Senegal yang sebelumnya berkarir di PBB dan tidak memiliki pengalaman sepak bola itu telah memberi sebuah inspirasi.

Boban tercatat telah 51 kali tampil untuk timnas Kroasia dan menjadi kapten saat Kroasia merebut posisi ketiga di Piala Dunia 1998, yang menjadi penampilan terbaiknya.

Boban juga telah ikut memenangi empat gelar liga Italia dan Liga Champions selama sembilan tahun bergabung bersama AC Milan. Baru-baru ini dia bekerja sebagai komentator sebuah televisi di Kroasia dan Italia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement