Rabu 07 Oct 2020 21:26 WIB

Noah Donasikan Rp 700 Juta untuk Musisi Terdampak Covid-19

Donasi Rp 700 diperoleh sebagian besar dari lelang vinyl album Noah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Grup musik Noah menyerahkan donasi sebesar Rp 700 juta untuk Crew Band Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, Rabu (7/10). Donasi merupakan hasil pelelangan vinyl emas album Keterkaitan Keterikatan, pelelangan gelang Ariel, penjualan masker eksklusif Noah, dan sumbangan dari sejumlah pihak.
Foto: Tangkapan layar konferensi pers virtual
Grup musik Noah menyerahkan donasi sebesar Rp 700 juta untuk Crew Band Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, Rabu (7/10). Donasi merupakan hasil pelelangan vinyl emas album Keterkaitan Keterikatan, pelelangan gelang Ariel, penjualan masker eksklusif Noah, dan sumbangan dari sejumlah pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Noah menyerahkan donasi sejumlah Rp 700 juta kepada Komunitas #PeduliCrewBandIndonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Ariel (vokal), David (kibor), dan Lukman (gitar) berharap bantuan tersebut bisa memberikan manfaat.

Donasi merupakan hasil pelelangan vinyl emas album 'Keterkaitan Keterikatan' rilisan Noah dan pelelangan gelang milik Ariel. Termasuk, gabungan dari hasil penjualan masker "Noah X Ferry Sunarto" dan sumbangan beberapa pihak.

Baca Juga

"Senang banget karena banyak yang peduli. Ada yang ikut nyumbang walau enggak ikut lelang. Artinya bukan mau dapat sesuatu, tapi pengen ikutan bantu aja," kata Ariel pada konferensi pers virtual yang disimak di Jakarta, Rabu (7/10).

Menurut Ariel, hampir semua orang terimbas dampak pandemi, tapi tidak semuanya terlihat. Para kru dari musisi yang berkecimpung di industri musik, misalnya, tentu sangat terkendala karena konser dan panggung yang kini hampir tak ada.

Itu sebabnya Noah berinisiatif melakukan acara lelang edisi khusus vinyl emas pada #NoahEighniversary 16 September silam. Lelang yang dipimpin oleh musisi Armand Maulana itu dimenangkan oleh pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Marketing & Event Musica Studios, Chandra Samhari, menyampaikan bahwa Raffi dan Nagita bersaing ketat dengan penawar lain, yakni Eddy Syahputra asal Tasikmalaya. Setelah proses lelang, Raffi dan Nagita memenangkan vinyl dengan angka Rp 260 juta.

Secara mengejutkan, Eddy langsung mentransfer Rp 200 juta ke rekening Musica Studio's meski tidak mendapatkan barang apapun. Secara tertulis, Eddy menyampaikan bahwa dia ingin membantu para kru musik yang terdampak pandemi.

Di sela acara lelang vinyl, Armand meminta Ariel secara spontan melelang gelang kesayangannya yang selalu dia pakai. Seorang penonton bernama Shinta Dewi memberikan tawaran tertinggi sebesar Rp 10 juta dan mendapatkan gelang Ariel.

Tidak hanya itu, donasi bertambah saat Noah mengunjungi kediaman Raffi dan Nagita untuk menyerahkan vinyl secara langsung, Senin (5/10). Ternyata, Raffi berinisiatif menambahkan donasi sebesar Rp 50 juta dari hasil galang dana di situs kitabisa.com.

Nagita pun menambahkan donasi sebesar Rp 40 juta atas nama putranya, Rafathar. Selanjutnya, dana diakumulasikan dengan hasil penjualan masker eksklusif "Noah X Ferry Sunarto" sebesar Rp 40 juta.

General Manager Musica Studio's, Benny Bharata, menyampaikan bahwa pihaknya selaku label musik yang menaungi Noah pun ikut berpartisipasi memberikan donasi sebesar Rp 100 juta. Seluruh gabungan dana itu berjumlah Rp 700 juta.

"Ini dilakukan untuk membantu para kru band Indonesia yang sangat merasakan dampak saat ini. Mereka merupakan pihak yang paling terdampak, dan memang perlu kita apresiasi dalam kesempatan yang baik ini," kata Benny.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement