Sabtu 13 Feb 2021 11:20 WIB

Turki Ingin Kembangkan Hubungannya ke Semua Negara Teluk

Turki menegaskan hubungan dengan Qatar kian kuat.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.
Foto: Matthias Balk/dpa via AP
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

REPUBLIKA.CO.ID,  ANKARA -- Turki ingin mengembangkan lebih lanjut hubungan bilateralnya dengan semua negara di kawasan, termasuk organisasi regional seperti Dewan Kerja Sama Teluk. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di ibu kota Qatar, Doha pada Kamis, seperti dilansir Anadolu, Jumat.

Setelah tiba di negara terakhir dalam serangkaian kunjungannya ke wilayah Teluk, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengadakan konferensi pers bersama dengan sejawatnya dari Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani.

Baca Juga

"Saya dengan senang hati dapat mengatakan bahwa hubungan kami, antara Turki dan Qatar, tumbuh lebih kuat setiap hari, dan berkembang di semua bidang," kata Menlu Turki Cavusoglu kepada wartawan.

Dia berjanji bahwa kedua negara akan terus bekerja sama, dengan tujuan untuk lebih mengembangkan hubungan di semua bidang.

Mengenai proses normalisasi di antara negara-negara Teluk, Cavusoglu mengatakan, "Ini adalah awal yang penting, tetapi saya berharap hubungan antara negara-negara persaudaraan ini akan kembali normal di masa mendatang. Tetapi pencabutan embargo dan pembatasan juga merupakan awal yang penting."

Baca sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-ingin-kembangkan-hubungannya-semua-negara-di-teluk/2142255

Dia juga menekankan pentingnya stabilitas, keamanan, dan kemakmuran di kawasan Teluk. Selain hubungan bilateral, para menteri luar negeri juga membahas masalah regional.

"Turki dan Qatar telah menilai bagaimana kami dapat berkontribusi dan mendukung Libya mulai sekarang, dan di bidang mana kami harus mendukung pemerintahan baru sehingga dapat memenuhi harapan rakyat Libya," lanjut Menlu Turki.

Menegaskan kembali perlunya solusi politik di Suriah, Cavusoglu mengatakan Turki dan Qatar berada di halaman yang sama dalam hal ini. "Seperti yang Anda lihat, kami tidak hanya bekerja untuk meningkatkan hubungan bilateral kami. Kami akan bekerja dan berkontribusi bahu-membahu untuk mengatasi masalah di kawasan kami secara damai," tambah dia.

Al-Thani juga memuji hubungan kedua negara, menyebut mereka "sangat istimewa dan penting." Dia juga berterima kasih kepada Turki atas dukungannya atas hasil KTT Dewan Kerja Sama Teluk terakhir, yang diakhiri dengan rekonsiliasi dari perselisihan sebelumnya.

"Hubungan kami dengan Turki istimewa dan kami berharap dapat mengembangkannya," tegas dia.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement