Ahad 13 Jun 2021 17:15 WIB

Presiden Joe Biden Tegaskan Dukungan untuk Olimpiade Tokyo

Biden menyoroti perlunya menerapkan protokol kesehatan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pria memberi isyarat di dekat Cincin Olimpiade Rabu, 2 Juni 2021, di Tokyo.
Foto: AP/Eugene Hoshiko
Pria memberi isyarat di dekat Cincin Olimpiade Rabu, 2 Juni 2021, di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan kembali dukungannya untuk Olimpiade Tokyo dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Sabtu (12/6). Biden menyoroti perlunya menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan keselamatan sejumlah pihak yang terlibat dalam Olimpiade Tokyo. 

"Presiden Biden menegaskan dukungannya untuk Olimpiade Tokyo bergerak maju dengan semua tindakan kesehatan masyarakat yang diperlukan untuk melindungi atlet, staf, dan penonton," ujar pernyataan Gedung Putih. 

Baca Juga

Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda tahun lalu karena pandemi virus korona. Olimpide Tokyo dijadwalkan akan dimulai pada 23 Juli mendatang. Namun perhelatan pesta olahraga dunia ini mendapatkan kecaman dari sebagian besar publik, perusahaan Jepang, dan staf medis. Gedung Putih mengatakan, Presiden Biden telah menyatakan kebanggaannya kepada para atlet AS yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo.

"Presiden Biden menyatakan kebanggaannya kepada para atlet AS yang telah berlatih untuk Olimpiade Tokyo dan akan bersaing dalam tradisi terbaik dari semangat Olimpiade," kata Gedung Putih.

Pemerintah Jepang dan penyelenggara mengatakan, mereka akan melanjutkan perhelatan Olimpiade Tokyo meski ada kecaman dari sejumlah pihak. Ketua panitia penyelenggara Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, berharap negara-negara G7 dapat mendukung Olimpiade Musim Panas sesuai rencana. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement