Jumat 14 Oct 2022 22:02 WIB

Formulir C1 Digital demi Cegah Berulangnya Ratusan Petugas KPPS Meninggal Saat Pemilu

Formulir C1 digital diharapkan kurangi beban petugas KPPS saat pemungutan suara.

Petugas membuka kembali formulir C1 Pemilihan Legislatif di Kota Sorong, Papua Barat, pada Pemilu 2019. Untuk Pemilu 2024, KPU menerapkan sistem digital formulir C1 untuk mencegah terulangnya tragedi meninggalnya ratusan petugas KPPS saat pemungutan suara. (ilustrasi)
Foto: Antara/Olha Mulalinda
Petugas membuka kembali formulir C1 Pemilihan Legislatif di Kota Sorong, Papua Barat, pada Pemilu 2019. Untuk Pemilu 2024, KPU menerapkan sistem digital formulir C1 untuk mencegah terulangnya tragedi meninggalnya ratusan petugas KPPS saat pemungutan suara. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Febryan A

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana membuat formulir perhitungan suara atau biasa disebut formulir C1 dalam format digital untuk gelaran Pemilu 2024. Rencana ini bertujuan untuk mengurangi beban kerja petugas kelompok penyelenggara pemilihan suara (KPPS). 

Baca Juga

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, ketika beban kerja petugas KPPS berkurang, tentu diharapkan tragedi kematian ratusan petugas pada Pemilu 2019 tak terulang. 

"Inovasi formulir C1 digital ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk meringankan beban pekerjaan badan ad hoc KPPS pada saat proses penghitungan dan penulisan hasil pemungutan suara," kata Idham kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/10/2022). 

Untuk diketahui, riset Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan bahwa meninggalnya 894 KPPS saat Pemilu 2019 disebabkan oleh faktor usia lanjut, penyakit penyerta, dan beban kerja berlebih. Idham pun memberikannya perbandingan beban kerja petugas KPPS saat Pemilu 2019 dan yang akan terjadi saat Pemilu 2024.

Pada 2019, petugas menulis sendiri hasil perhitungannya suara ke dalam formulir C1 hingga puluhan kali. "Itu yang membuat pekerjaan KPPS jadi berat," ujarnya. 

Sedangkan dengan menggunakan formulir C1 digital saat Pemilu 2024, lanjut dia, petugas KPPS hanya perlu sekali meng-input data. Selanjutnya, formulirnya bisa digandakan dengan mudah.

Di sisi lain, KPU menaikkan batas usia maksimal petugas menjadi 55 tahun. Untuk diketahui, saat Pemilu 2019 tidak ada batas usia maksimal petugas KPPS. Sedangkan saat Pilkada 2020, KPU menetapkan batas usia maksimal 50 tahun. 

Menurut KPU, seseorang yang berusia 55 tahun masih kuat untuk bekerja di tempat pemungutan suara (TPS). Idham menerangkan, rencana pihaknya menetapkan batas usia maksimal 55 tahun itu mengacu pada rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Jadi umur 55 tahun itu batas maksimal yang direkomendasikan oleh para aktivis kesehatan," kata Idham.

Menurutnya, seseorang yang berusia 55 tahun sanggup melakukan pekerjaan melelahkan saat hari pemungutan, mulai dari menyiapkan TPS sekitar jam 5 pagi hingga melakukan perhitungan suara sampai tengah malam. "Dari sisi stamina atau kekuatan fisik, umur 55 tahun masih kuat," katanya. 

Idham juga menjawab kekhawatiran publik soal potensi terulangnya peristiwa naas pada Pemilu 2019, yakni meninggalnya 894 petugas KPPS karena kelelahan. Dia mengatakan, berdasarkan riset oleh Universitas Gajah Mada, ratusan petugas yang meninggal itu umumnya berusia di atas 55 tahun. 

"Mereka yang meninggal itu umumnya juga punya komorbid (penyakit penyerta)," ujarnya. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement