Selasa 14 Mar 2023 04:57 WIB

Kejar Tenggat Asesmen Final, Pemkot Kebut Renovasi Minor Stadion GBT

Pengerjaan area parkir ditargetkan bisa rampung pada bulan ini.

Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) berupaya mengebut pengerjaan sejumlah sektor minor di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) agar bisa segera rampung sebelum tenggat waktu asesmen final.

"Insya Allah kalau tidak berubah tanggal 26 Maret 2023, harapannya Surabaya sudah selesai (sebelum asesmen final)," kata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati.

Perampungan renovasi di GBT, salah satunya pada area parkir yang kini masih dalam tahap pengerjaan. Keberadaan area parkir itu diharapkan mampu menampung antusiasme masyarakat yang ingin menyaksikan Piala Dunia U-20, pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Diharapkan pengerjaan area parkir ditargetkan bisa rampung pada bulan ini. "Hampir minor semua catatan kemarin. Kami coba selesaikan parkir sisi utara GBT atau selatan lapangan ABC. Kami coba selesaikan pengerjaannya, Maret mudah-mudahan rampung," ujar dia.

Lebih lanjut Wiwiek menyebut pemerintah kota juga masih menunggu pelaksanaan teknis perihal penerapan metode penyulaman rumput Stadion GBT. Pasalnya, penyulaman dilakukan secara bergantian di seluruh stadion yang proyeksikan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Keenam lokasi pelaksanaan pertandingan itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

"Secara teknis saya belum mengetahui,  alatnya sudah ada di Indonesia tetapi itu nanti bergantian di masing-masing venue dan yang mengerjakan PUPR," katanya.

Wiwiek menambahkan pengerjaan skala besar sepenuhnya berada di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kami bersama stakeholder berupaya memenuhi rekomendasi FIFA," ujar dia.

Sementara, terdapat tiga lokasi lapangan di Surabaya yang diperuntukkan untuk menggelar sesi latihan tim peserta Piala Dunia U-20 di Surabaya, yakni Stadion Gelora Sepuluh Nopember, Lapangan Thor, dan Lapangan ABC.

Khusus Lapangan ABC di komplek Stadion GBT, hanya sektor A dan C saja yang akan digunakan sebagai lokasi latihan, sedangkan sektor B bakal difungsikan sebagai partisi atau penyekat.

"Kami memakai A dan C, supaya tidak terlalu dekat. Setiap tim punya strategi masing-masing jadi kami kasih privasi ke mereka," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir datang Surabaya untuk mengecek langsung progres persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement