Senin 13 Mar 2023 18:44 WIB

Rumput GBK Kritis, Erick Thohir: Jangan Ada Lagi Event di Sini

Konser membuat proses penjahitan rumput sintetis Stadion GBK menjadi tertunda.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Didi Purwadi
Ketua LOC Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wakil Ketua PSSI Zainuddin Amali menjawab pertanyaan wartawan saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Senin (13/3/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua LOC Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wakil Ketua PSSI Zainuddin Amali menjawab pertanyaan wartawan saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Senin (13/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir, menutup tur kunjungan ke enam venue Piala Dunia U-20 dengan menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (13/3/2023). Erick yang juga menjabat Ketua Umum PSSI ini mewanti-wanti soal tidak boleh lagi ada kegiatan dihelat di SUGBK. 

''Tidak ada lagi event di sini, apakah event olahraga, event kesenian. Tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan,'' kata Erick. 

''Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia. Saya rasa dengan pimpinan kepala daerah, Direksi SUGBK, kita pastikan solid,'' ujarnya. ''Apapun, kita harus pertahankan kondisi rumput terbaik untuk kejuaraan dunia yang sudah kita persiapkan selama ini.''

Baca juga : Erick Thohir: Kondisi Rumput Stadion GBK Memprihatinkan

Sebelumnya Stadion GBK dipakai untuk aktivitas konser musik. Penyanyi kondang Tanah Air, Raisa, sempat menggelar konser di sana. Yang terakhir girl band asal Korea Selatan, Blackpink, pada akhir pekan lalu. 

Kondisi tersebut membuat Stadion GBK mengalami penundaaan penjadwalan untuk proses penjahitan dengan rumput sintetis. Padahal, proses penjahitan penting demi menjaga kekuatan akar. Jika sebelumnya SUGBK berada di urutan pertama penjahitan rumput, kini melorot ke urutan nomor empat. 

Erick menegaskan Stadion GBK jangan lagi dipakai untuk aktivitas event, termasuk kegiatan olahraga. Laga FIFA Match Day Timnas Indonesia lawan Burundi pada 25 dan 28 Maret pun akhirnya terpaksa batal digelar di Stadion GBK. Begitu pula duel tunda Liga 1 yang mempertemukan Persija Jakarta versus Persib Bandung pada 31 Maret.

Baca juga : In Picture: Tinjau GBK, Erick Nilai Kondisi Rumput Memprihatinkan

''Semua event kita batalkan. Kita tidak membeda-bedakan, apakah event entertainment, olahraga, dan lainnnya. Semua tidak dimungkinkan lagi digelar di Gelora Bung Karno,'' kata Erick.

Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal. Apalagi, stadion ini akan menggelar pembukaan (Piala Dunia U-20 2023),” ucap Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement