Senin 13 Mar 2023 18:16 WIB

Erick Thohir: Kondisi Rumput Stadion GBK Memprihatinkan

Sebelumnya Stadion Utama GBK dipakai untuk aktivitas konser musik.

Ketua LOC Erick Thohir (kedua kiri) bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) dan Wakil Ketua PSSI Ratu Tisha (kedua kanan) berbincang saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Senin (13/3/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua LOC Erick Thohir (kedua kiri) bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) dan Wakil Ketua PSSI Ratu Tisha (kedua kanan) berbincang saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Senin (13/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir, menutup tur kunjungan ke enam venue Piala Dunia U-20 dengan mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (13/3/2023) siang. Erick meminta kepada Direktur PPKGBK agar disiplin dalam menjaga proses persiapan, terutama kondisi lapangan karena rumput Stadion Utama GBK dinilai memprihatinkan.

''Perbaikan rumput harus segera dijalankan karena kondisi yang kritikal dan memprihatinkan. Ini mega lapangan di Indonesia yang sangat penting buat kejuaraan dunia,'' kata Erick, dalam rilis LOC yang diterima Republika.co.id, Senin.

Sebelumnya, dalam proses pengerjaan renovasi SUGBK, stadion tersebut dipakai untuk aktivitas konser. Penyanyi kondang Tanah Air, Raisa, sempat menggelar konser di sana. Yang terakhir girl band asal Korea Selatan, Blackpink, pada akhir pekan lalu. 

Baca juga : In Picture: Tinjau GBK, Erick Nilai Kondisi Rumput Memprihatinkan

Pengelola GBK sudah melakukan penutupan dengan karpet khusus untuk melindungi rumput lapangan. Namun, stadion ini mengalami penundaaan penjadwalan untuk proses penjahitan dengan rumput sintetis demi menjaga kekuatan akar. Jika sebelumnya SUGBK berada di urutan pertama penjahitan rumput, kini mundur ke urutan nomor empat. 

Erick sudah melihat satu per satu kondisi di enam lapangan venue Piala Dunia U-20 2023. Pemerintah pusat sudah mengambil alih sebagian pekerjaan untuk pemerintah daerah. Khusus di Stadion Utama GBK, Erick sudah bicara dengan Direktur PPKGBK bahwa apapun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan sama-sama.

Selama tiga hari terakhir Erick didampingi Zainuddin Amali, Ratu Tisha (Wakil Ketua Umum PSSI), Essy Asiah (Direktur  Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR), serta jajaran pengurus PSSI dan LOC pada 11-13 Maret meninjau kesiapan enam kota calon penyelenggara Piala Dunia U-20. 

Sebelum ke Jakarta, rombongan mendatangi Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca juga : MUI Apresiasi Kolaborasi Kejaksaan dan Erick Thohir Bersih-Bersih BUMN

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement