Sabtu 22 Apr 2023 10:38 WIB

Centang Biru di Akun Twitter Ganjar Pranowo Hingga Cristiano Ronaldo Mendadak Hilang

Gebrakan Elon Musk di twitter ini tak memandang bulu.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istri menyapa umat muslim usai Shalat Idul Fitri 1444H  di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam. Centang biru di akun twitter Ganjar Pranowo mendadak hilang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istri menyapa umat muslim usai Shalat Idul Fitri 1444H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam. Centang biru di akun twitter Ganjar Pranowo mendadak hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Centang biru pada akun Twitter sejumlah tokoh, grup musik hingga pemain bola dan bahkan grup K-pop besar hilang pada Jumat (21/4/2023). Hal ini diduga imbas kampanye Elon Musk untuk menghilangkan tanda centang terverifikasi dan beralih ke Twitter Blue berbayar.

Pantauan republika.co.id akun pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo di @Cristiano tidak lagi memiliki centang biru seperti sebelumnya. Akun tersebut memiliki 108,3 juta followers yang kerap membagikan mengenai kegiatannya.

Baca Juga

Sementara itu, akun grup K-pop BLACKPINK Official di @BLACKPINK juga mengalami hal serupa. Akun dengan pengikut 8,9 juta kehilangan centang birunya di Twitter.

Akun anggota BTS di @BTS_twt dan anggota TXT di @TXT_members juga kehilangan centang birunya. Sementara itu, beralih ke Indonesia, akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kehilangan tanda centang biru.

Seperti diketahui, akun @ganjarpranowo milik bakal calon presiden (Capres) 2024 itu aktif di Twitter. Ia kerap mengunggah momen kunjungan kerja pemerintahan hingga menanggapi keluhan warganet dan masyarakat, khususnya di Jawa Tengah.

Tak hanya Ganjar, imbas kebijakan Elon Musk hal serupa juga dialami akun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Akun @ridwankamil terlihat sudah tak bercentang biru lagi.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga kehilangan centang biru di akun yang telah diikuti lebih dari 770 ribunya di @gibran_tweet. Twitter adiknya, Kaesang Pangarep dengan pengikut lebih dari 3,2 juta @kaesangp juga hilang tanda verifikasi.

"Centang biru saya ilang bang," kata Gibran tadi siang melalui akunnya. "Ternyata @BLACKPINK  centang birunya juga hilang. Bangga senasib sama @BLACKPINK," kata Gibran berkelakar di twitter yang disambut tawa komentar warganet.

Twitter menjelaskan syarat tanda centang biru bisa diperoleh dengan berlangganan terlebih dulu di Twitter Blue. Keputusan Twitter menghapus centang biru, atau tanda akun terverifikasi diumumkan pada Kamis (20/4/2023) malam waktu Amerika.

"Besok pada 20/4/2023, kami akan menghapus tanda verifikasi yang lama. Untuk tetap terverifikasi pengguna individu bisa mendaftarkan diri ke Twitter Blue dan organisasi juga bisa tetap terverifikasi dengan mendaftarkan diri menjadi organisasi terverifikasi," begitu pengumuman Twitter dikutip republika.co.id di Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Twitter juga secara resmi menautkan laman pendaftaran untuk pengguna individu berlangganan layanan 'Twitter Blue' dan juga untuk organisasi agar tetap bisa memiliki tanda terverifikasi. Di Indonesia, layanan berlangganan Twitter telah tersedia sejak Februari 2023 dengan tarif per bulan Rp 120 ribu untuk langganan melalui website.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement