Rabu 26 Apr 2023 06:40 WIB

Gara-Gara Elon Musk, 4 Fitur Penting Ini tak Bisa Dinikmati Pengguna Twitter Gratisan

Elon Musk mengumumkan Twitter 2.0 dengan berbagai aturan baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada empat fitur penting Twitter yang telah dirampas oleh Elon Musk dari pengguna biasa,
Foto: EPA/Andrew Gombert
Ada empat fitur penting Twitter yang telah dirampas oleh Elon Musk dari pengguna biasa,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak Elon Musk mengambil alih Twitter senilai 44 miliar dolar AS, dia telah membuat banyak perubahan pada platform. Musk mengumumkan Twitter 2.0 dengan seperangkat aturan baru, termasuk model berlangganan untuk mendapatkan tanda centang biru.

Langkah tersebut diyakini sebagai salah satu cara mendatangkan pendapatan, terutama di saat berbagai perusahaan besar telah menghentikan belanja iklan di platform tersebut. Musk juga membawa banyak perubahan dalam daftar fasilitas yang ditawarkan kepada mereka yang berlangganan Twitter Blue.

Baca Juga

Layanan Twitter Blue telah diperluas di banyak negara. Musk membatasi banyak fitur untuk non-pelanggan dan memindahkannya ke dalam langganan Blue, hampir menyisakan beberapa fitur bagi mereka yang tidak ingin membayar Twitter Blue. Berikut empat fitur penting yang telah dirampas oleh Musk dari pengguna biasa, seperti dilansir Gadgets Now, Rabu (26/4/2023):

 

1.Autentikasi dua faktor

Twitter baru-baru ini mengumumkan akan segera berhenti mendukung otentikasi dua faktor berbasis SMS untuk non-pelanggan Blue. Mulai 20 Maret, pengguna Twitter yang belum berlangganan Blue harus menonaktifkan kode otentikasi masuk berbasis teks di akun mereka. Ini membuat mereka tidak dapat menambahkan lapisan perlindungan tambahan ke akun Twitter mereka.

"Setelah 20 Maret 2023, kami tidak akan lagi mengizinkan pelanggan non-Twitter Blue untuk menggunakan pesan teks sebagai metode 2FA (two factor authentication). Pada saat itu, akun dengan pesan teks 2FA masih diaktifkan akan dinonaktifkan. Menonaktifkan pesan teks 2FA tidak secara otomatis memutuskan hubungan Anda nomor telepon dari akun Twitter Anda," kata perusahaan itu.

 

2.Harus berlangganan Blue untuk memilih dalam jajak pendapat

Twitter juga membuat beberapa perubahan pada jajak pendapat. Mulai 15 April, mereka yang berlangganan Blue akan dapat memilih dalam jajak pendapat. Namun, tidak ada kejelasan apakah ini berlaku untuk semua polling atau hanya polling yang diposting oleh pengguna terverifikasi.

 

3.Pengguna terverifikasi muncul di umpan For You

Mulai 15 April, hanya akun terverifikasi yang memenuhi syarat untuk masuk dalam rekomendasi For You. Menurut Musk, ini adalah satu-satunya cara realistis untuk mengatasi kawanan bot kecerdasan buatan (AI) tingkat lanjut yang mengambil alih. Awal bulan ini, Musk mengatakan Twitter akan memprioritaskan balasan dari akun yang Anda ikuti, akun terverifikasi, lalu akun tidak terverifikasi.

 

4.Hanya akun media sosial berbayar yang penting

Musk belum lama mengatakan karena AI dapat menyelesaikan tes “Buktikan Anda bukan robot”, verifikasi berbayar meningkatkan biaya bot sebesar 10 ribu persen sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi bot melalui telepon. Oleh karena itu, akun media sosial berbayar menjadi penting bagi Musk.

"Verifikasi berbayar meningkatkan biaya bot sebesar 10 ribu persen dan membuatnya jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi bot melalui telepon. Kesimpulannya akun berbayar akan menjadi satu-satunya media sosial yang penting," ucap Musk. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement