Selasa 18 Jul 2023 17:05 WIB

Pebalap Indonesia Asal Purworejo Fadillah Arbi Aditama Juara 1 di FIM JuniorGP Moto3

Fadillah Arbi naik podium di Sirkuit Catalunya Spanyol.

Pebalap Indonesia Fadillah Arbi Aditama menjadi juara 1 race 2 FIM JuniorGP kelas Moto3.
Foto: Tangkapan layar
Pebalap Indonesia Fadillah Arbi Aditama menjadi juara 1 race 2 FIM JuniorGP kelas Moto3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebalap Indonesia Fadillah Arbi Aditama menjadi juara 1 race 2 FIM JuniorGP kelas Moto3. Fadillah mencatatkan sejarah dengan finish di posisi pertama FIM JuniorGP di sirkuit Catalunya, Spanyol (16/7/2023).

Fadillah Arbi menjadi pebalap Indonesia pertama dalam sejarah yang memenangkan kelas motor prototype kancah Eropa ini. Fadillah Arbi menjadi yang tercepat setelah bersaing di 15 besar guna meraih poin.

Di balapan pertama nasibnya kurang beruntung karena harus finish di posisi 18, sehingga banyak perbaikan untuk balapan kedua. Memulai balapan dari grid ke-16, Fadillah Arbi melakukan start yang bagus dan langsung ada di rombongan terdepan.

Pebalap kelahiran Purworejo, 14 Juli 2005 itu perlahan tapi pasti mampu melewati pesaingnya dan menempati posisi terdepan sampai lap terakhir. Fadillah pun masuk ke posisi pertama di lap penutup. Saat itu, dia memimpin di tikungan terakhir dan sempat disusul pembalap Spanyol, David Almansa.

David Almansa berhasil mendahului Fadillah Arbi tepat sebelum garis finish dan sempat dinyatakan sebagai pemenang. Namun, Almasa diputuskan melanggar track limit dan harus diturunkan satu posisi sehingga Fadillah Arbi naik ke peringkat pertama. Fadillah arbi pun dinyatakan sebagai pemenang FIM JuniorGP kelas Moto3 yang juga menjadi podium pertamanya di Eropa.

Berikut hasil Race 2 FIM JuniorGP Moto3 Catalunya 2023:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement