Sabtu 04 Nov 2023 15:44 WIB

Trofi Tur Piala Dunia U-17 di Solo Besok, Penanda Kesiapan Solo Jelang Turnamen

Di Solo akan ada final dan acara selebrasi penutupan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Yusuf Assidiq
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Dok. PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kota Solo menjadi penutup rangkaian tur Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023.  Masyarakat Kota Batik pada Ahad (5/11/2023) pagi bakal bisa menyaksikan langsung piala prestisius yang akan diperebutkan 24 negara tersebut.

Seperti tiga kota sebelumnya, banyak acara hiburan rakyat di event Trophy Experience. Masyarakat tak hanya bisa melihat lebih dekat serta mengabadikan trofi Piala Dunia U-17 lewat foto, mereka juga bisa menikmati pawai meriah.

Rute pawai bola raksasa digeber mulai dari  Jalan Diponegoro (Pasar Antik Triwindu) hingga Pura Mangkunegaran (Gapura Ngarsopuro).  

"Solo akan menjadi kota spesial saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 dan jadi sorotan dunia.  Di Solo ada final dan acara selebrasi penutupan. Trophy Experience menjadi penanda kesiapan Solo jelang turnamen. Kami berharap dukungan masyarakat Solo, Jawa Tengah dan DIY, untuk menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia U-17," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga bertindak sebagai ketua Local Organizer Committee PD U-17.

Deretan Prajurit Pura Mangkunegaran, Penari Mangkunegaran, Drum Band, bintang-bintang klub Persis Solo bakal meramaikan sesi pawai. Gusti Kanjeng  Mangkunegaran akan hadir dalam rangkaian acara Trophy Experience tersebut.

Trophy Piala Dunia U-17 akan dipamerkan di Pura Mangkunegaran  di depan Gedung Kavallerie-Artillerie. Solo yang punya kekhasan tradisional bakal menyelenggarakan Trophy Experience dengan gaya berbeda dan unik.

"Ini acara pendukung di luar pertandingan yang melibatkan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Secara infrastruktur Solo sudah siap. Untuk hal-hal pendukung lainya, sambil jalan kami tuntaskan. Saya berharap dukungan masyakarat buat menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia U-17, bahu membahu,” kata Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solo siap menerjunkan ratusan atletnya untuk memeriahkan Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023.  Ketua KONI Kota Solo, Lilik Kusnandar mengatakan, pihaknya langsung menginstruksikan kepada 62 cabang olahraga (cabor).

Masing-masing cabor dianjurkan mengirim 10 atlet. Praktis, bakal ada kurang lebih 500-an atlet yang berpartisipasi. Kirab pada kegiatan Trophy Experience bakal dimulai pukul 06.30 WIB berbarengan dengan Car Free Day.

"Acara Trophy Experience sarana tepat untuk sosialisasi pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Kota Solo. CFD selama ini kan selalu ramai, masyarakat bisa terinformasi langsung tentang penyelenggaraan turnamen. Mereka bakal antusias lebih dekat trophy,” ungkap Lilik.

Di Solo akan mementaskan persaingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023. Grup ini terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali. Seluruh laga akan dimainkan di Stadion Manahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement