Rabu 15 Feb 2023 20:53 WIB

Lawan Barcelona, MU Berharap Weghorst Tunjukan Kemampuan Terbaiknya

Tidak ada yang bisa mempertanyakan tingkat kerja Weghorst.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Reaksi pemain Manchester United Wout Weghorst setelah melewatkan peluang mencetak gol pada pertandingan sepak bola putaran ke-4 Piala FA Inggris antara Manchester United dan Reading di Old Trafford di Manchester, Inggris,Ahad (29/1/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Reaksi pemain Manchester United Wout Weghorst setelah melewatkan peluang mencetak gol pada pertandingan sepak bola putaran ke-4 Piala FA Inggris antara Manchester United dan Reading di Old Trafford di Manchester, Inggris,Ahad (29/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United telah bekerja sangat keras untuk membawa Wout Weghorst ke Old Trafford pada jendela transfer Januari 2022.Penampilan awalnya bersama The Red Devils mengecewakan. Striker Belanda itu belum mencetak gol yang dia harapkan dan permainannya telah meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

Meskipun meraih assist dalam kemenangan 2-0 atas Leeds United pada akhir pekan, pemain berusia 30 tahun itu kembali hadir di lini depan. Berdiri dengan tinggi 193cm, Weghorst diharapkan mampu mempertahankan permainan dan membawa rekan satu timnya ke dalam permainan, tetapi pemberhentiannya buruk dan dia kurang memahami pemain di sekitarnya.

Baca Juga

Tidak ada yang bisa mempertanyakan tingkat kerja Weghorst sejak dia bergabung dengan klub, dan upaya tersebut telah hadir di semua penampilannya. Namun, ada perasaan bahwa pemain internasional Belanda itu perlu berbuat lebih banyak untuk United. 

Setelah mencatatkan satu gol dan satu assist dalam delapan penampilan pembukaannya, sejauh ini dia tidak mampu mencapai level yang dia tetapkan saat dipinjamkan ke Besiktas pada paruh pertama musim ini.

Weghorst mencetak sembilan gol dan membuat empat assist dalam 18 penampilan untuk raksasa Turki, jadi meskipun agak mengejutkan bahwa pemain berusia 30 tahun itu adalah penyerang jarak jauh Erik ten Hag memilih untuk dikontrak sampai akhir musim, dia tiba di Old Trafford dalam kondisi bagus.

Rekannya sesama striker, Anthony Martial, tampil mengesankan saat berada di lapangan untuk United, dengan mencatatkan delapan kontribusi gol dalam 14 pertandingan.  Namun, pemain Prancis itu telah berjuang dengan sejumlah cedera yang berbeda dan dia telah melewatkan 20 pertandingan karena cedera musim ini

Dengan kebugaran Martial yang kurang dan Cristiano Ronaldo telah meninggalkan klub pada bulan November, Weghorst jelas berada di bawah tekanan untuk memberikan hasil bagi tim Ten Hag - terutama mengingat seberapa baik dia bermain untuk Besiktas. Meskipun Marcus Rashford telah mengambil tanggung jawab sebagai ancaman gol utama klub, pemain andalan Inggris itu membutuhkan dukungan, dan itu perlu datang dari sesama penyerangnya.

United melakukan perjalanan ke Camp Nou pada Kamis malam untuk pertandingan leg pertama play-off Liga Europa mereka.  Pasukan Ten Hag tidak akan diperkuat Lisandro Martinez dan Marcel Sabitzer karena skorsing, sementara Christian Eriksen adalah salah satu dari beberapa pemain yang absen karena cedera.

Skuad Xavi telah bangkit musim ini - memenangkan 18 dari 21 pertandingan La Liga mereka. Raksasa Katalunya memiliki keunggulan 11 poin atas saingan gelar Real Madrid. Mereka turun ke Liga Europa setelah gagal lolos ke babak sistem gugur Liga Champions, dan dengan demikian, menjadi favorit banyak orang untuk mengangkat trofi.

Barcelona rata-rata menguasai hampir 65 persen musim ini, dan sementara United tampil baik dengan dan tanpa bola dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Ten Hag diperkirakan tidak akan mendominasi bola di leg pertama pada Kamis malam. Akibatnya, sangat penting bagi The Reds untuk memaksimalkan penguasaan bola mereka. Bagi Weghorst, ini adalah kesempatan sempurna untuk membuktikan dengan tepat mengapa klub sangat ingin mengontraknya di bulan Januari.

Akan ada saat-saat ketika United harus bermain lama, dan ketika mereka melakukannya, Weghorst perlu mempertahankan penguasaan bola. Ternyata, bukan semata-mata karena pemain asal Belanda itu, tapi rekan setimnya harus bisa percaya bahwa sang striker bisa menahan bola. Itu adalah sesuatu yang dia kuasai sepanjang kariernya, tetapi laga tandang di Camp Nou adalah ujian sejati atas kemampuannya.

The Reds tidak memiliki striker senior lain yang dapat mereka panggil, sehingga pemain pinjaman United kemungkinan besar akan mendapatkan kesempatan untuk tampil mengesankan dalam keadaan sulit. Dia membuat keputusan untuk mempersingkat masa pinjamannya dengan Besiktas untuk bermain dalam pertandingan seperti ini untuk tim Ten Hag, tetapi penting bahwa dia menunjukkan klub telah tepat untuk mempercayainya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement