Kamis 16 Feb 2023 05:40 WIB

Erick Thohir Bangga Jadi Orang Indonesia

Erick Thohir bercita-cita membawa sepak bola Indonesia berprestasi di kancah dunia.

Caketum PSSI, Erick Thohir (ketiga kiri), bersama pendukungnya.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Caketum PSSI, Erick Thohir (ketiga kiri), bersama pendukungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN, Erick Thohir, mengaku siap maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum PSSI 2023-2027. ET, sapaan akrab Erick Thohir, mengawali pernyataan kesiapannya dengan mengungkapkan kebanggaannya sebagai bangsa Indonesia.

‘’Saya bersyukur terlahir sebagai orang Indonesia,’’ ujar Erick dalam unggahan video di akun resmi Twitter dan Instagramnya.

‘’Saya tumbuh dan besar di Negeri ini,’’ katanya dalam video berdurasi satu setengah menit. ‘’Negeri dengan keragaman suku, budaya, agama. Namun dipersatukan dalam Bhineka Tunggal Ika.’’

Kemudian Erick Thohir berbicara tentang filosofi sepak bola. Lalu, ia mengungkapkan cita-citanya untuk membawa sepak bola Indonesia berprestasi di kancah internasional.

Erick Thohir pun akhirnya meminta izin untuk maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. ‘’Esok dengan segala kerendahan hati, izinkan saya melayani bangsa untuk membangun dunia sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi,’’ ujar Erick Thohir menutup unggahan videonya.

Sebanyak 86 pemilik suara atau voters akan mengikuti kongres ini. Mereka mendapatkan kesempatan 15 kali untuk memilih dengan pembagian satu Ketua Umum, dua Wakil Ketua Umum PSSI dan 12 Exco PSSI. 

Sementara, sebanyak lima calon Ketua Umum PSSI akan bersaing memperebutkan dukungan dari pemilik suara atau voters. Kelima kandidat tersebut adalah AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis. Namun, sehari jelang perhelatan, Fary memilih mundur dari kontestasi.

Selain pemilihan ketum, sebanyak 16 calon Wakil Ketua PSSI juga akan memperebutkan dua kursi.  Sebanyak 55 calon anggota Exco PSSI akan bersaing untuk menduduki 12 kursi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement