Kamis 16 Feb 2023 04:29 WIB

Liga Inggris: Manchester City Kalahkan Arsenal. Ambil Alih Puncak Klasemen

Manchester City mengalahkan Arsenal 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Gelandang Manchester City Jack Grealish merayakan golnya ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, London, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Daniel Hambury
Gelandang Manchester City Jack Grealish merayakan golnya ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, London, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal akhirnya harus menyerahkan posisinya di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Ini setelah the Gunners takluk dari pesaingnya Manchester City 1-3 di Stadion Emirates, London, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB.

Tiga gol City datang dari Kevin de Bruyne, Jack Grealish, dan Erling Haaland. Sementara Arsenal hanya bisa mencetak satu gol via penalti Bukayo Saka.

Baca Juga

Tambahan tiga angka membuat City kini mengoleksi nilai 51, sama dengan Arsenal. Namun the Citizens unggul dalam selisih gol yang membuat mereka berhak menduduki posisi teratas. 

Meski demikian, Arsenal masih berpeluang kembali ke takhta. Sebab, mereka masih memiliki satu laga sisa lebih banyak dibandingkan City.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta tampaknya punya banyak pekerjaan rumah bagi timnya. Sebab dalam laga ini, dua gol City mutlak berawal dari kesalahan individual beknya. Sementara gol ketiga merupakan upaya tim City yang memaksa Arsenal melakukan kesalahan.  

City mendapatkan "hadiah" gol dari Arsenal pada menit ke-24. Tekanan Grealish kepada Takehiro Tomiyasu memaksa bek Arsenal tersebut memainkan back pass yang lemah. De Bruyne menyerobotnya dan melepaskan melewati Aaron Ramsdale yang bergerak maju. Fans City di Emirates bersorak.

Arsenal membalasnya pada menit ke-42 lewat penalti Bukayo Saka. Sebelumnya, Kiper Ederson dianggak melanggar Nketiah di kotak penalti saat berupaya mencetak gol.

City nyaris kembali unggul lewat tendangan bebas pada injury time babak pertama. Namun bola tandukan Ruben Dias hanya mengenai mistar gawang.

City kembali memimpin, kembali lewat kesalahan Arsenal. Operan ceroboh Gabriel membuat Erking Haaland masuk menjemput bola. Sang striker kemudian mengoper bola ke Ilkay Gundogan di sebelah kanannya, yang meneruskan ke Grealish untuk penyelesaian akhir. Tendangan rendah Grealish membuat bola mengenai Takehiro Tomiyasu dan masuk ke gawang pada menit ke-72.

Arsenal berusaha terus mencari gol penyama. Namun kesalahan kembali mereka buat 10menit setelah gol kedua City.

Saat para pemain Arsenal berusaha mengeluarkan bola dari area mereka, City membuat formasi bertahan dengan baik sehingga berhasil merebut penguasaan. Gundogan dan De Bruyne kemudian bekerja sama, dilanjutkan mengoperkan bola kepada Haaland yang masuk ke kotak penalti. Haaland melepaskan tendangan menyilang yang  hanya membuat Ramsdale terperangah. Skor 3-1 menjadi penutup laga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement