Kamis 16 Feb 2023 08:18 WIB

Wapres Minta Jangan Ada Politik Uang di KLB PSSI 2023

Wapres Ma'ruf Amin berharap KLB PSSI 2023 berjalan sesuai ketentuan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Didi Purwadi
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 pada Kamis (16/2/2023) ini bisa berjalan sesuai ketentuan. Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini pun meminta jangan ada politik uang dalam pemilihan Ketum PSSI demi kemajuan sepak bola Indonesia.

''Ya saya kira sepanjang aturan-aturan dipenuhi, ya tentu kita meminta supaya terpilih itu yang punya perhatian besar terhadap masalah sepak bola dan jangan politik uang,'' ujar Ma'ruf dalam keterangan persnya di sela kunjungan kerja ke Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Rabu (15/2/2023).

 

Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia memiliki potensi tinggi atlet-atlet muda sepak bola. Dia juga meyakini apabila dilakukan pembinaan dan pelatihan dengan baik, maka para atlet dapat semakin mengharumkan nama Indonesia baik di kancah domestik maupun internasional melalui prestasi di bidang olahraga sepak bola.

Wapres juga meminta pengurus baru nanti Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki gairah dalam membangun sepak bola nasional. Selain memiliki gairah, para pengurus sudah semestinya orang yang paham tentang dunia sepak bola.

''Jadi orang yang paham, yang punya keinginan, yang punya gairah untuk membangun sepak bola di Indonesia,'' katanya.

Sebanyak 86 pemilik suara atau voters akan mengikuti kongres ini. Mereka mendapatkan kesempatan 15 kali untuk memilih dengan pembagian satu Ketua Umum, dua Wakil Ketua Umum PSSI dan 12 Exco PSSI. 

Sementara, sebanyak lima calon Ketua Umum PSSI akan bersaing memperebutkan dukungan dari pemilik suara atau voters. Kelima kandidat tersebut adalah AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis. Namun, sehari jelang perhelatan, Fary memilih mundur dari kontestasi.

Selain pemilihan ketum, sebanyak 16 calon Wakil Ketua PSSI juga akan memperebutkan dua kursi.  Sebanyak 55 calon anggota Exco PSSI akan bersaing untuk menduduki 12 kursi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement